Aturan Ganjil Genap Berlaku Senin, PT Transjakarta Siap Antisipasi Lonjakan Penumpang

Antara ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 22:59 WIB
Aturan Ganjil Genap Berlaku Senin, PT Transjakarta Siap Antisipasi Lonjakan Penumpang

Ilustrasi, Bus Transjakarta. (Foto: Sindo Media).

JAKARTA, iNews.id - PT Transjakarta siap mengantisipasi lonjakan penumpang di Jakarta saat aturan ganjil genap pelat nomor kendaraan diberlakukan kembali, Senin (3/8/2020). Kesiapan itu tetap mengacu aturan protokol kesehatan pencegahan virus corona (Covid-19).

Direktur Utama TransJakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo mengatakan, 10 koridor yang bersinggungan langsung dengan jalur ganjil genap akan ditambah 25 persen dari total pengoperasian armada pada Juli 2020. Sehingga total operasional 751 armada di 10 koridor tersebut dan 812 armada secara keseluruhan, yaitu 13 koridor.

"Itu belajar dari data Asian Games ketika terjadi lonjakan penumpang sekitar 11 persen dan dengan penerapan batasan maksimum 50 persen dari kapasitas angkut, kami antisipasi dengan penambahan armada sebesar 25 persen dari yang dioperasikan Juli lalu," ujar Jhony di Jakarta, Sabtu (1/8/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjamin tidak akan ada penumpukan penumpang di halte bus TransJakarta ketika aturan ganjil genap kembali diberlakukan.

Dia telah menyiapkan bus cadangan sebanyak 10 persen dari jumlah bus yang ada. Bus cadangan tersebut disediakan untuk menjemput penumpang yang menumpuk di halte.

"Ada 10 persen bis cadangan dan itu akan dijalankan nanti. Bus cadangan itu memang telah ada sebelumnya karena di setiap menyusun rencana operasional, kami sediakan 10 persen," kata Syafrin.

Dengan penambahan bus cadangan itu, diharapkan masyarakat bisa tetap bermobilitas meski tanpa kendaraan pribadi.

Editor : Kurnia Illahi