Banjir di Jakarta Bikin 495 Ruas Jalan Rusak

Bima Setiadi, Sindonews ยท Jumat, 28 Februari 2020 - 14:58 WIB
Banjir di Jakarta Bikin 495 Ruas Jalan Rusak

Aspal mengelupas di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. (Foto: TMC Polda Metro Jaya).

JAKARTA, iNews.id - Banjir yang melanda Jakarta di awal pekan ini membuat 495 ruas jalan di ibu kota rusak. Dinas Bina Marga Jakarta mencatat hingga hari ini, Jumat (28/2/2020) ada 3.290 titik lubang di jalan timbul setelah banjir.

Kepala Dinas Bina Marga Jakarta, Hari Nugroho mengatakan kerusakan itu tersebar di lima wilayah Jakarta. Dinas Bina Marga mencatat jumlah jalan rusak paling banyak di Jakarta Barat dengan jumlah 178 ruas dan 1.525 titik lubang.

Disusul Jakarta Pusat dengan 119 jalan rusak dan 471 titik lubang. Lalu Jakarta Selatan dengan 100 jalan rusak dan 534 titik lubang. Di Jakarta Utara ada 61 jalan rusak dan 457 titik lubang serta 37 jalan rusak di Jakarta Timur dengan 303 titik lubang.

Hari menjelaskan Dinas Bina Marga langsung menindaklanjutinya dengan melakukan penambalan. Hal itu dilakukan untuk mencegah risiko timbulnya korban jiwa.

"Sebagian besar kerusakan di Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat sudah ditindaklanjuti. Sementara di Jakarta Utara dan Jakarta Selatan masih terus dikerjakan," ucapnya.

Dia menegaskan Dinas Bina Marga terus memantau lokasi-lokasi yang sebelumnya terendam banjir. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi munculnya kerusakan baru setelah dilintasi kendaraan.

"Semua langsung kami perbaiki dengan material cold mix. Kami juga melakukan perbaikan terutama pada jalan yang sedikit cekung," katanya.

Dinas Bina Marga setiap tahun mendapat anggaran sekitar Rp300 miliar sampai Rp400 miliar untuk perbaikan jalan. Baik yang sifatnya perbaikan sementara dengan tambal maupun penanganan permanen menggunakan aspal atau beton.

Editor : Rizal Bomantama