Banjir Rendam Perumahan di Jakarta Selatan dan Tangerang, Akses Jalan Terputus

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 01 Januari 2020 - 07:40 WIB
Banjir Rendam Perumahan di Jakarta Selatan dan Tangerang, Akses Jalan Terputus

Banjir menggenangi perumahan di kawasan Kavling Deplum Cipadu, Kota Tangerang, Rabu (1/1/2020). (Foto: iNews.id/M Dani Dahwilani)

TANGERANG, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya di awal tahun 2020 membuat sejumlah wilayah di Jakarta dan kota-kota penyangga terendam banjir. Dari pantauan iNews.id, Rabu (1/1/2020) di wilayah Cipadu, Kreo, Kota Tangerang, Banten, dan Petukangan, Jakarta Selatan, terendam banjir.

Banjir juga menyebabkan akses jalan dari dan menuju Jakarta terputus, yang disebabkan luapan kali di sejumlah titik.

“Baru kali ini banjir sampai meluap segini, biasanya sampai gorong-gorong saja. Di sini aja segini, perumahan sana Lembah Hijau dan Cipulir Estate pasti lebih dalam," ujar Jamaludin, satpam penjaga perumahan di kawasan Kavling Deplu, Cipadu, Larangan.

Sejumlah pengendara harus berputar mencari jalan karena akses yang biasa dilalui terendam 50-80 cm. "Saya sudah putar ke mana-mana tidak ada akses. Makanya saya bingung," kata salah seorang pengendara motor yang mencoba melintas di kawasan Cipadu.

Demikian pula pengemudi angkutan kota C 01 jurusan Ciledug-Kebayoran Lama. "Ini luapan sudah masuk dalam mobil. Makanya saya putar ke sini. Ternyata tidak bisa dilalui juga," kata sang sopir.

Jika hujan terus mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya diperkirakan banjir di sejumlah titik akan semakin tinggi dan meluas.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah memprediksi terjadi hujan di seluruh wilayah Jakarta pada malam tahun baru.

BMKG memperkirakan Jakarta Pusat dan Jakarta Barat diguyur hujan sedang, Jakarta Timur dan Selatan diguyur hujan disertai petir, di kawasan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diperkirakan hujan ringan.

Editor : Kastolani Marzuki