BPBD DKI Keluarkan Peringatan Dini Waspada Potensi Hujan Disertai Angin Kencang

Kurnia Illahi ยท Selasa, 21 Juli 2020 - 05:43:00 WIB
BPBD DKI Keluarkan Peringatan Dini Waspada Potensi Hujan Disertai Angin Kencang
BPBD Jakarta mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan disertai angin kencang, Selasa (21/7/2020). (Foto: Twitter BPBD Jakarta).

JAKARTA, iNews.id- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini Senin (20/7/2020) malam. Dalam akun Twitter @BPBDJakarta mengingatkan potensi hujan disertai kilat dan angin kencang di wilayah Jakarta pada 21 dan 22 Juli 2020.

BPBD Jakarta menyatakan, penyebab cuaca tersebut karena sirkulasi siklonik di Laut China Selatan sebelah timur Laut Natuna dan di Samudera Pasifik timur Filipina. Kondisi ini menyebabkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

"Peringatan dini cuaca 3 hari ke depan berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung di wilayah DKI Jakarta pada 21 dan 22 Juli 2020," dikutip dari akun Twitter @BPBDJakarta yang diunggah Senin (20/7/2020) malam.

BPBD DKI Jakarta juga mengingatkan potensi hujan disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Barat Senin (21/7/2020) sore serta malam hari.

"Prakiraan #Cuaca DKI Jakarta Selasa, 21 Juli 2020. #PeringatanDiniJKT : Waspada potensi hujan disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Barat pada sore dan malam hari," tulis dalam akun Twitter tersebut.

BPBD Jakarta mengimbau organisasi perangkat daerah, para camat dan lurah di daerah-daerah rawan banjir dan tanah longsor agar menyiagakan para petugas penanganan sarana dan prasarana umum (PPSU) dan Satgas banjir kecamatan.

Editor : Kurnia Illahi