Bus Transjakarta Kecelakaan Lagi, Pemprov DKI dan KNKT Akan Audit Bersama

Dominique Hilvy Febriani ยท Jumat, 03 Desember 2021 - 17:55:00 WIB
Bus Transjakarta Kecelakaan Lagi, Pemprov DKI dan KNKT Akan Audit Bersama
Transjakarta menabrak separator di Senayan (Foto : IG jktinfo)

JAKARTA, iNews.id - Pemprov DKI Jakarta bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan melakukan audit terhadap PT Transjakarta. Hal ini lantaran kecelakaan bus Transjakarta yang kembali terjadi pada Jumat (3/12/2021).

"Kami akan melakukan audit menyeluruh terkait dengan keselamatan operasi. Kemudian dalam proses audit ini rencananya Transjakarta akan bekerja sama dengan KNKT," kata Plt Kepala Badan Pembinaan BUMD DKI Jakarta, Riyadi saat dihubungi, Jumat (3/12/2021).

Dia mengatakan akan melakukan audit terhadap berbagai aspek. “Kita akan melakukan audit menyeluruh terkait dengan keselamatan operasi. Kemudian dalam proses audit ini rencananya TJ akan bekerja sama dengan KNKT komite nasional keselamatan transportasi,” ujarnya.

Dia menilai, KNKT memiliki kompetensi untuk mengevaluasi sejauh mana keselamatan transportasi.

Menyikapi persoalan desakan untuk merombak direksi PT Transjakarta, Pemprov DKI tidak mau terburu-buru dalam memutuskan hal tersebut. 

Maka dari itu pihaknya akan menunggu hasil audit secara keseluruhan. Sekalipun, ada indikasi fungsi operasional Transjakarta tak berjalan optimal.

“Jangan ke situ dulu dong. Ini kan nanti akan ada audit dulu, keselamatan operasi mau dicek diaudit dulu,” ujarnya.

Sebelumnya, Bus Transjakarta mengalami kecelakaan di depan Gedung Ratu Plaza, Jakarta, Jumat (3/12/2021). Sopir bus diduga kurang hati-hati dan konsentrasi sehingga oleng ke kiri dan menabrak pembatas jalur busway ( separator busway ).

Kecelakaan juga terjadi di Simpang PGC, Kamis (2/12/2021). Sopir juga diduga lalai.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: