Cegah Covid-19, PKS Minta Pemilihan Wagub Jakarta Ditunda

Bima Setiadi, Sindonews ยท Jumat, 20 Maret 2020 - 08:50 WIB
Cegah Covid-19, PKS Minta Pemilihan Wagub Jakarta Ditunda

Wakil Ketua DPRD Jakarta Fraksi PKS, Abdurahman Suhaimi. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Jakarta meminta rapat paripurna pemilihan wakil gubernur (wagub) ditunda sementara di tengah pandemi Covid-19. Apalagi ada sejumlah anggota parlemen yang masuk daftar suspect Covid-19.

Rapat paripurna pemilihan wagub Jakarta rencananya akan dilaksanakan 23 Maret 2020 mendatang. Wakil Ketua DPRD Jakarta Fraksi PKS, Abdurahman Suhaimi mengatakan keselamatan dan kesehatan anggota parlemen harus diperhatikan mengingat rapat paripurna pemilihan akan diikuti banyak orang. Termasuk memastikan kesehatan dua kandidat wagub.

"Kalau dipaksa dengan mengabaikan keselamatan jiwa, mengabaikan arahan ahli kesehatan, dan mengabaikan arahan pemerintah maka terlalu mahal harganya wakil gubernur," kata Suhaimi di Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya panitia pemilihan tak perlu tergesa-gesa mengadakan rapat paripurna pemilihan meski salah satu kandidat wagub merupakan kader PKS. Apalagi dia merasa dua kandidat wagub dari PKS terdahulu juga dibuat lama prosesnya.

Abdurahman mengatakan ada dua opsi terkait pemilihan wagub di tengah pandemi Covid-19. Yaitu ditunda atau pemilihan tetap dilakukan secara jarak jauh menggunakan teknologi.

"Saya sebagai pimpinan juga bertanggung jawab atas keselamatan anggota dewan, orang yang bekerja di DPRD, dan seluruh masyarakat ibu kota. Saya berharap usulan saya disetujui fraksi-fraksi," katanya.

Editor : Rizal Bomantama