Cegah Covid-19, Ratusan Pemulung Rapid Test di Bekasi

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 21:27 WIB
Cegah Covid-19, Ratusan Pemulung Rapid Test di Bekasi

Ratusan pemulung di Kampung Sawah RW 08 Kelurahan Bintara Jaya, Kota Bekasi mengikuti rapid test Covid-19, Kamis (13/8/2020). (Foto: istimewa).

JAKARTA, iNews.id – Upaya mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19 terus dilakukan berbagai pihak. Seperti dilakukan warga Kampung Sawah RW 08, Kelurahan Bintara Jaya, Kota Bekasi yang mengikuti pemeriksaan cepat atau rapid test Covid-19.

Sebanyak 479 warga yang bekerja sebagai pemulung turut dalam tes cepat massal tersebut. Tes ini menjadi langkah untuk mendeteksi potensi penularan virus corona.

"Kegiatan ini menjadi bagian dari program penanganan warga terdampak Covid-19 dari Kementerian Sosial bekerja sama dengan Yayasan Balarenik dan Dinas Sosial Kota Bekasi. Alhamdulillah, kegiatan berjalan didukung lurah, tim medis Puskesmas Kelurahan Bintara Jaya, Babinkamtibmas, dan Babinsa," ujar Ketua Yayasan Balarenik Agusman di Bekasi, Kamis (13/8/2020)

Dia menuturkan program rapid test ini direncanakan dilaksanakan selama dua hari. Bersamaan dengan kegiatan tersebut warga mendapatkan bantuan masker, hand sanitizer, sabun cair, dan perlengkapan ibadah.

Bantuan ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan. Dengan demikian, upaya mencegah penyebaran Covid-19 pun dapat berjalan baik.

Menurut Agusman, jika dalam rapid test ditemukan hasil reaktif, akan ditindaklanjuti dengan isolasi mandiri dan swab test sebagai lanjutan pemeriksaan medis yang akan dilakukan petugas medis dari puskesmas setempat.

Agusman mengaku akan mengupayakan dukungan logistik bagi warga yang hasilnya reaktif, termasuk bagaimana teknis isolasi mandiri, mengingat rumah-rumah pemulung kondisinya tidak memadai.

"Perlu upaya dan langkah cepat menyediakan tempat. Tapi kita berharap dan berdoa, semoga semuanya negatif dan aman," ujarnya.

Dia menuturkan, Yayasan Balarenik sejak dua bulan lalu memberikan dukungan pemenuhan kebutuhan dasar berupa sembako dari Dinas Sosial Kota Bekasi, sembako bantuan Presiden melalui Kementerian Sosial, dan bantuan permakanan dalam program Dapur Umum Mandiri, yang melibatkan warga pemulung. Selain itu, lembaga memberikan penyuluhan dan edukasi tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

"Antusiasme warga dalam mengikuti rapid test cukup tinggi dikarenakan sebelumnya Yayasan Balarenik jauh-jauh hari sudah memberikan penyuluhan dan diskusi tentang rapid test bersama warga," kata Agusman.

Editor : Zen Teguh