CFD di DKI Dipindah ke 32 Lokasi untuk Urai Kerumunan saat PSBB Transisi

Irfan Maruf ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 18:45 WIB
CFD di DKI Dipindah ke 32 Lokasi untuk Urai Kerumunan saat PSBB Transisi

Masyarakat antusias berkegiatan di CFD Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (21/6/2020). (Foto: iNews.id/Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memindahkan kegiatan car free day (CFD) yang biasanya di Jalan Sudirman-Thamrin selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Transisi. Pemindahan tersebut mulai 28 Juni 2020.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, ada 32 lokasi di 5 wilayah kota administrasi Jakarta untuk CFD selama PSBB transisi.

"Apa yang terjadi di HBKB (CFD) kemarin sudah dievaluasi. Hasilnya, kami menyiapkan 32 lokasi untuk mengganti HBKB yang biasa dilakukan di Jalan Sudirman-MH Thamrin," ujar Syafrin di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Dia menuturkan, keputusan tersebut didasari hasil evaluasi pembukaan kembali CFD di tengah PSBB Transisi, Minggu (21/6/2020). Pemindahan CFD menjadi 32 lokasi, kata dia untuk mengurai kerumunan massa agar tidak terjadi penumpukan di 1 titik.

"Detail lokasi dan pelaksanaannya akan kami umumkan lebih lanjut. Namun, perlu digarisbawahi, ini adalah kerja bersama. Pemprov DKI melalui Dishub DKI telah menyiapkan alternatif lokasi untuk mengurai kerumunan," ucapnya.

Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta juga mengerahkan petugas pengawas dari Dishub dan Satpol PP saat pelaksanaan kegiatan CFD di 32 lokasi. Masyarakat diimbau agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Masyarakat juga perlu partisipatif untuk tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan. Jaga jarak, pakai masker dan sering mencuci tangan dengan sabun," katanya.

Editor : Kurnia Illahi