Dekat Bantaran Kali, 40 Hunian Warga Kampung Melayu Direnovasi Jadi Rumah Panggung

Okto Rizki Alpino · Senin, 05 April 2021 - 19:34:00 WIB
Dekat Bantaran Kali, 40 Hunian Warga Kampung Melayu Direnovasi Jadi Rumah Panggung
Renovasi rumah warga Kampung Melayu Jaktim (foto: Okto/MNC)

JAKARTA, iNews.id- Sebanyak 40 rumah di Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur menerima bantuan renovasi tempat tinggal. Upaya itu dilakukan untuk mengatasi persoalan banjir di kawasan tersebut. 

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan 40 rumah itu berada di wilayah RT 13/04, RT 11 dan RT 06/05. Rumah-rumah itu akan direnovasi jadi rumah panggung.

"Dibuatkan rumah panggung, bagian bawahnya dibuat setinggi 3,5 meter," kata Anwar saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Senin (5/4/2021).

Anwar mengatakan renovasi dengan konsep rumah panggung dibuat untuk mengatasi persoalan banjir di permukiman warga Kebon Pala. Dia menyebut anggaran pembangunan rumah panggung tersebut bersumber dari Baznas (Baziz) DKI.

"Anggarannya dari Bazis Pemprov DKI. Nanti selain dijadikan hunian konsep rumah panggung ini bisa dimanfaatkan sebagai ruang interaksi sosial," ujarnya.

Anwar tak merinci detail jumlah anggaran pembangunan rumah panggung tersebut. Sebanyak 18 rumah ditarget dapat kembali dihuni pada Mei 2021 atau sebelum Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Sebagai informasi peletakan batu pertama renovasi dengan konsep rumah panggung  warga Kebon Pala sudah dilakukan pada Rabu (31/3/2021) dan kini pembangunan telah berjalan.

"Semua UKPD (unit perangkat kerja daerah) ikut intervensi di sini, baik Sudin Bina Marga, SDA (Sumber Daya Air), Dinas Perumahan. Supaya kawasan ini benar-benar terintegrasi dengan baik," tuturnya.

Sementara, warga di Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur menyambut antusias renovasi itu. Mereka yakin dengan renovasi itu bisa mengurangi beban warga yang kerap terdampak banjir akibat luapan kali Ciliwung.

"Konsepnya rumah panggung, udah dikerjakan lagi berjalan. Kita di sini setuju, jadi ada yang dibedah total dan ada yang cuma bedah tampak," kata Ketua RT 13/04 Kampung Melayu, Sanusi.

Editor : Ibnu Hariyanto