Digelar di GBK Besok, Festival Pesona Lokal Tampilkan Ragam Budaya dan Artis Ternama

Wildan Catra Mulia ยท Jumat, 15 November 2019 - 15:54 WIB
Digelar di GBK Besok, Festival Pesona Lokal Tampilkan Ragam Budaya dan Artis Ternama

Sekda DKI Jakarta Saefullah bersama petinggi Adira Finance dan RCTI memberikan keterangan pers tentang penyelenggaraan Festival Pesona Lokal di Balai Kota Jakarta, Jumat (15/11/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id – Festival ragam budaya dan kearifan lokal bertajuk Festival Pesona Lokal bakal digelar di Plaza Tenggara, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (16/11/2019). Acara hasil kolaborasi Adira Finance dan RCTI ini mendapat dukungan penuh Pemprov DKI Jakarta serta Kementarian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengatakan, Festival Pesona Lokal akan dikuti 5.000 peserta.Berbagai macam budaya dan kearifan lokal, termasuk budaya Betawi akan ditampilkan dalam acara ini.

"Jakarta sebagai Ibu Kota menjadi tempat bertemunya berbagai budaya di Indonesia. Festival Pesona Lokal akan berlangsung di Plaza Tenggara GBK," kata Saefullah saat konferensi pers di Balai Kota, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Festival Pesona Lokal sebelumnya telah digelar di 6 kota besar Indonesia yakni Medan, Yogyakarta, Makassar, Bandung, Denpasar, dan Surabaya, sejak Agustus lalu. Jakarta menjadi pergelaran pamungkas.

Saefullah mengatakan, selain ragam budaya, Festival Pesona Lokal juga akan dimeriahkan sejumlah artis ternama, seperti Raisa, Abdul Idol, hingga grup band Efek Rumah Kaca.

"Berbagai aktivitas akan digelar dan diikuti ribuan peserta, pelajar, masyarakat umum. Ada parade budaya, lomba tari kontemporer, dan lomba desain motif khas lokal kontemporer pada media kertas. Ada pula kompetisi ala selebgram lokal, festival kuliner dan food truck, serta bazar" katanya.

Direktur SDM dan Marketing Adira Finance Swandajani Gunadi mengatakan, Festival Pesona Lokal tahun ini merupakan bentuk kepedulian Adira terhadap kebudayaan Indonesia. Dia berharap kerja sama ini terus dilakukan dan dikembangkan.

"Adira Finance terus berkomitmen dan melanjutkan Festival Pesona Lokal ini baik di tahun ini dan tahun tahun selanjutnya. Kami digandeng oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menjadikan Festival Pesona Lokal ini sebagai salah satu agenda festival yang dinantikan oleh seluruh masyarakat di Indonesia," katanya.

Sementara itu Direktur Sales and Marketing RCTI Tantan Sumartana menuturkan, Festival Pesona Lokal akan disiarkan secara langsung (live) mulai pukul 14.30 WIB di RCTI. Masyarakat juga bisa menyaksikan melalui streaming di aplikasi RCTI Plus.

Dia berharap acara tersebut mampu mendatangkan banyak wisatawan baik mancanegara maupun lokal. "Supaya besok masyarakat Jakarta atau siapa pun, baik itu turis lokal maupun mancanegara bisa menikmati festival pesona lokal di dKI Jakarta," kata dia.


Editor : Zen Teguh