Ditanya soal Wagub DKI, Anies: Sebentar Lagi Fit and Proper Test

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 03 Januari 2019 - 14:04 WIB
Ditanya soal Wagub DKI, Anies: Sebentar Lagi Fit and Proper Test

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah mendapat informasi baru soal kelanjutan proses pemilihan wakil gubernur pengganti Sandiaga Uno. Dua partai pengusung Gerindra dan PKS mengabarkan seleksi wagub mulai digelar Januari 2019.

“Saya sudah mendengar langsung dari Gerindra dan PKS. Masing-masing menceritakan sudah memasuki usulan nama. Sebentar lagi akan fit and proper test,” kata Anies di Kementerian Agama, Jakarta Timur, Kamis (3/1/2018).

Menurut dia, selama ini kedua partai pengusung tidak bergerak karena kandidat yang diajukan hanya dua nama. Sementara Gerindra tetap meminta lebih dari dua nama. Anies mengatakan, Januari ini sudah masuk proses seleksi.

“Mereka sudah sepakati akhir Desember kemarin bahwa nama yang diajukan tidak hanya dua, sehingga fit and proper test bisa melakukan proses pemilihan. Kalau namanya dua, kalau fit proper yang harus diajukan dua, maka tidak jadi,” ujar dia.

PKS telah mengajukan ke Gerindra tiga nama cawagub DKI. Mereka adalah Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Agung Yulianto, Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi, dan mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu.

Anies menuturkan, adanya tiga calon dan nama-nama tim penguji menandakan tak lama lagi Jakarta memiliki wagub.

“Nah kesepakatan sudah dijalani artinya tanda-tanda mereka akan menghasilkan dua nama itu makin terlihat,” kata Anies.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto