Dukung Operasi Patuh Jaya 2020, Anies: Lalu Lintas Tertib Bantu Mobilitas

Ari Sandita Murti ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 12:32 WIB
Dukung Operasi Patuh Jaya 2020, Anies: Lalu Lintas Tertib Bantu Mobilitas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendukung Operasi Patuh Jaya 2020 yang digelar oleh jajaran Polda Metro Jaya di Jakarta. Selain itu, Pemprov DKI juga pastinya mendukung program E-Tle yang hingga saat ini sudah berjalan dan bakal ada penambahan pun.

"Kita di Jakarta punya penduduk yang sangat banyak, kegiatan lalu lintasnya, tinggi dan kegiatan perekonomian yang sangat besar karena itu kondisi lalu lintas yang tertib lancar akan membantu mobilitas penduduk," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Polda Metro Jaya, Kamis (23/7/2020).

Menurutnya, operasi itu diharapkan bisa berjalan dengan baik sehingga mobilitas perekonomi di Jakarta pun bisa berjalan dengan efisien. Maka itu, Pemprov DKI pun mendukung program kepolisian, seperti Operasi Patuh Jaya 2020.

"Pemprov DKI juga mendukung program E-Tle, diharapkan adanya ETLE ini proses pembiasaan untuk tertib akan terjadi," katanya.

Dia menambahkan, adanya program-program kepolisian dalam hal lalu lintas diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Selain itu, pembiasaan masyarakat untuk tertib berlalu lintas pun diharapkan meningkat bukan hanya saat ada petugas saja ataupun karena takut terkena tilang.

Operasi Patuh Jaya 2020 digelar hingga 5 Agustus 2020 mendatang. Dalam operasi itu, ada 1.807 personel gabungan yang dikerahkan, terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Dishub.

"Pelaksanaan Operasi Patuh Jaya ini melibatkan 1.807 personel yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan," ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana pada wartawan, Kamis (23/7/2020).

Menurutnya, operasi itu digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mematuhi aturan berlalu lintas. Pasalnya, angka kecelakaan cukup tinggi akibat pelanggaran lalu lintas, tercatat sejak Januari-Juni 2020, ada 484.302 pelanggaran lalu lintas dan 4.708 kecelakaan.

"Jadi ini demi meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang selama ini kita harapkan dalam hal penanganan pandemik," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq