Festival Pesona Lokal Resmi Dibuka, Anies: Tahun Ini Lebih Ramai

Wildan Catra Mulia ยท Sabtu, 16 November 2019 - 17:47 WIB
Festival Pesona Lokal Resmi Dibuka, Anies: Tahun Ini Lebih Ramai

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, secara resmi membuka Festival Pesona Lokal (FPL) 2019 di Plaza Tenggara GBK, Jakarta Pusat, Sabtu (16/11/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Masyarakat Ibu Kota antusias mengikuti rangkaian kegiatan Festival Pesona Lokal (FPL) 2019, akhir pekan ini. Acara itu digelar oleh Pemprov DKI Jakarta dan Adira Finance bersama RCTI di Plaza Tenggara, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat.

Pantauan iNews.id, lebih dari 10.000 orang memadati kawasan Plaza Tenggara, GBK, untuk ikut memeriahkan dan menyaksikan parade budaya dan berbagai macam perlombaan. Dari anak kecil hingga lansia semua tertuju kepada kostum-kostum para peserta festival.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, serta; jajaran dan Direktur Adira Insurance Julian Noor. Setelah pembukaan, festival dimulai dengan tarian nusantara disambung dengan parade kebudayaan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya mengatakan, dia sudah dua kali menghadiri acara Festival Pesona Lokal. Akan tetapi, acara tahun ini menurutnya lebih meriah dibandingkan dengan tahun lalu.

“Rasanya tahun ini lebih meriah daripada tahun lalu. Mudah-mudahan nanti tiap tahun, tahun depan juga lebih ramai lagi. Ini kesempatan bagi kita untuk sama sama menyaksikan karya karya anak bangsa,” kata Anies dalam sambutannya di lokasi, Sabtu (16/11/2019).

Mantan rektor Universitas Paramadina itu mengatakan, pihaknya akan terus mendukung acara-acara yang membawa unsur kebudayaan dan kesenian dengan melibatkan banyak orang. Dia berharap keterlibatan pihak swasta untuk mempromosikan keanekaragaman budaya Indonesia lebih banyak lagi dilakukan.

“Ini adalah suatu contoh di mana dunia usaha terlibat di dalam pengembangan kegiatan seni budaya, tanggung jawab untuk mengembangkan kebudayaan bukan hanya di pundak pemerintah. Secara konstitusional iya, konstitusinya mengarahkan bahwa pemerintah berkewajiban,” ujarnya.

Anies pun berharap FPL mampu melahirkan lebih banyak lagi karya bangsa yang bisa dipamerkan di pentas dunia. “Nanti harapannya karya karya menarik yang muncul disini bisa tampil lebih sering, punya pangsa yang lebih luas, dan insya Allah tahun depan kegiatan seperti ini bisa jauh lebih besar lagi,” ucapnya.

Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli mengatakan, FPL adalah acara yang diselenggarakan untuk merayakan HUT Adira ke-29 tahun. Dia berharap acara tersebut mampu mempromosikan budaya Indonesia lebih luas lagi kepada masyarakat.

“Jadi ini merayakan event ulang tahun Adira Finance ke-29, dimaksudkan untuk memberikan dan mempromosikan wisata lokal, bekerja sama dengan Kementerian Pariwsata dan Badan Ekonomi Kreatif, kemudian juga didukung oleh RCTI dan banyak sponsor lain,” ucapnya.

Acara FPL 2019 dibuka dengan parade karnaval budaya yang menampilkan atraksi budaya Betawi mulai dari baju adat, musik tradisional, hingga pertunjukan kesenian khas. Selain itu, juga terdapat beberapa aktivitas lainnya seperti lomba tari lokal kontemporer, lomba desain motif khas lokal kontemporer, kompetisi ala selebgram, bazzar otomotif, UMKM, stan kuliner, serta permainan lokal dan wahana permainan anak.

Selain perlombaan, pengunjung juga bisa menyaksikan hiburan dari sejumlah artis papan atas Ibu Kota seperti Raisa, Zaskia Gotik, Abdul dan Efek Rumah Kaca. Juga ada parade kostum dan tarian kolosal nusantara, penampilan LED night, marching band, serta art corner yang menampilkan karya-karya motif khas lokal kontemporer.

Editor : Ahmad Islamy Jamil