Adang Demonstran, Polisi Bentuk Barikade di Belakang Gedung DPR

Antara ยท Senin, 30 September 2019 - 16:19 WIB
Adang Demonstran, Polisi Bentuk Barikade di Belakang Gedung DPR

Demonstrasi di sekitar Gedung DPR, Jakarta, Senin (30/9/2019). (Foto: iNews.id/ Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Demonstran yang berkumpul di sekitar Jalan Palmerah Selatan menyeberangi perlintasan rel dan merangsek ke pintu belakang Gedung DPR, Senin (30/9/2019). Sementara akses Jalan Gelora, Senayan ditutup.

Demonstran yang terdiri dari pelajar dan perguruan tinggi di Jakarta itu bergerak sambil berteriak meminta polisi membuka kawat berduri yang dipasang untuk mengadang demonstran mendekati Gedung DPR.

"Buka, buka, buka jalannya, buka jalannya sekarang juga. Tugasmu mengayomi pak polisi," teriak salah satu demonstran, sambil sesekali menyanyikan lagu-lagu nasional.

Sementara ratusan polisi dari Sabhara Polda Kalimantan Tengah dan Brimob Polda Banten membentuk barikade tepat di depan demonstran. Kendaraan tatis seperti Water Cannon dan mobil Baracuda serta mobil pengurai massa juga disiagakan untuk menghadang demonstran.

Ketua DPR Bambang Soesatyo siap menerima demonstran untuk berdialog, Senin (30/9/2019). Pernyataan itu disampaikan Bambang Soesatyo terkait demonstrasi hari ini yang kembali digelar mahasiswa dan pelajar.

Bahkan, pria yang biasa disapa Bamsoet itu mengaku siap untuk menemui demonstran di depan gerbang Gedung DPR. Dia berharap, dialog dengan perwakilan demonstran dilakukan di dalam Gedung DPR.

"Ya kami siap 24 jam jika adik-adik mahasiswa ingin bertemu, mumpung saya masih ketua DPR sampai pukul 00.00 WIB ini. Saya persilakan dengan cara apapun saya siap menerima," ujar Bamsoet, di Gedung DPR, Jakarta.


Editor : Kurnia Illahi