Hari Literasi Internasional, Anies Akan Lengkapi Stasiun MRT dengan Rak Buku

Felldy Utama ยท Minggu, 08 September 2019 - 13:24 WIB
Hari Literasi Internasional, Anies Akan Lengkapi Stasiun MRT dengan Rak Buku

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan kampanye #RuangabacaJakarta, di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (8/9/2019). (Foto: iNews.id/ Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan kampanye #RuangabacaJakarta, di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (8/9/2019). Kampanye tersebut bertepatan dengan Hari Literasi Internasional yang selalu diperingati pada 8 September.

Pada kesempatan itu Anies juga menaiki MRT tujuan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Sambil berdiri Anies asyik membaca buku selama perjalanan.

"Tujuan kita membangun gerakan baca buku. Kita menyadari pentingnya literasi bagi masyarakat. Salah satunya dengan kegemaran membaca," ujar Anies, di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Minggu (8/9/2019).

Menurutnya, setiap stasiun MRT akan dilengkapi rak buku. Harapannya, selama di perjalanan masyarakat bisa mengambil buku dari stasiun keberangkatan dan dikembalikkan di stasiun tujuan.

Buku-buku yang disediakan nantinya berukuran tidak terlalu tebal. Sehingga, masyarakat bisa membaca buku sampai selesai dalam waktu 30 menit.

"Bukunya pun buku yang Insya Allah sesuai dengan profil Jakarta. Kenapa ini penting, kita ingin agar membaca jadi kebiasaan," katanya.

Dirut MRT William Sabandar mengaku telah bekerja sama dengan Yayasan Baca Buku Jakarta. Selain itu akan membangun kerja sama dengan Perpustakaan Nasional untuk memperkaya ketersediaan buku.

"Kedua yang akan MRT lakukan menyiapkan micro library yang sedang kita siapkan. Akan kita tempatkan di stasiun dukuh atas, nanti di bawah jalan Kendal," katanya.

Editor : Kurnia Illahi