Hari Sumpah Pemuda, PTSP Goes to Mall Hadir di Mal Kelapa Gading

Irfan Ma'ruf ยท Sabtu, 27 Oktober 2018 - 19:57 WIB
Hari Sumpah Pemuda, PTSP Goes to Mall Hadir di Mal Kelapa Gading

Unit Pelaksana PTSP Kota Administrasi/Kecamatan se-Jakarta Utara tampil dengan pakaian adat tradisional nusantara pada program PTSP Goes to Mall di Mal Kelapa Gading 3, Jakarta Utara, Jumat (26/10/2018). (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id – Memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jakarta turut berkontribusi dengan menghadirkan pelayanan prima bagi warga Ibu Kota melalui program “PTSP Goes to Mall”. Kali ini berlangsung di Summarecon Mal Kepala Gading (MKG) 3, Lantai Dasar Jakarta Utara.

Berbeda dari pelayanan sebelumnya, kali ini petugas dari Unit Pelaksana PTSP Kota Administrasi/Kecamatan se-Jakarta Utara tampil dengan pakaian adat tradisional nusantara. Penampilan menarik para petugas ini pun menjadi daya tarik serta menambah semarak peringatan hari bersejarah ini.

“Sebagai warga negara yang baik, kita patut menjadikan momentum Hari Sumpah Pemuda untuk merefleksikan kembali nilai-nilai kebangsaan. Karena itu, dalam penyelenggaraan PTSP Goes to Mall kali ini kami mengerahkan petugas Unit Pelayanan PTSP dengan mengenakan pakaian adat sebagai cermin keberagaman budaya,” kata Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Edy Junaedi, Jumat (26/10/2018).

Di MKG 3, PTSP Goes to Mall diselenggarakan pada Jumat hingga Minggu (26-28/10/2018) dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Pada hari pertama, jumlah pengunjung yang datang untuk berkonsultasi atau sekedar bertanya mengenai jenis layanan mencapai 361 orang.

Warga yang datang ke booth didominasi dengan para startup dan pelaku usaha, berkonsultasi terkait perizinan dan non-perizinan, di antaranya izin bidang aktivitas usaha, Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) serta Inovasi Layanan Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta.

“Program PTSP Goes to Mall mematahkan stigma negatif bahwa mengurus perizinan itu sulit dan berbelit. Dengan hadirnya kami di pusat-pusat kegiatan masyarakat secara berkesinambungan dan masif, masyarakat menjadi teredukasi bahwa kini proses mengurus perizinan atau non-perizinan itu mudah,” ujar Edy.

Dia bersyukur selama dua tahun terakhir program ini banyak diminati masyarakat. ”PTSP Goes To Mall juga selalu ramai dikunjungi warga yang ingin berkonsultasi seputar pengajuan perizinan dan inovasi layanan lainnya,” ucapnya.

Untuk diketahui, inovasi layanan “PTSP Goes To Mall” telah berhasil masuk dalam jajaran Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Sepanjang tahun ini, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta sudah bekerja sama dengan 33 mal atau pusat perbelanjaan terkemuka di Jakarta.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tujuan dari reformasi birokrasi yakni peningkatan kualitas pelayanan publik.PTSP Goes to Mall merupakan salah satu inovasi yang dilakukan DKI Jakarta.

”Ikhtiar ini untuk mendekatkan bagaimana kami bisa hadir di pusat-pusat kegiatan masyarakat. Dan, salah satu pusat yang paling banyak didatangi di Jakarta adalah pusat perbelanjaan karena itu kami hadir di sana dengan informasi dan pelayanan.” tutur Anies.

Pemprov DKI Jakarta, kata Anies, menyadari bahwa inovasi layanan PTSP Goes To Mall merupakan bagian dari menjawab tantangan zaman. Karena itu Pemprov DKI berkomitmen untuk terus bisa amanah, bekerja sepenuh hati dan dengan hati, sehingga dapat tuntas dalam melayani semua kebutuhan dasar dan hak sipil warga Jakarta.

“Mari kita bersama mewujudkan pelayanan publik yang baik, yang prima dan Insya Allah Indonesia akan dapat menjadi contoh bagi tempat-tempat yang lain. Maju kotanya, bahagia warganya,” ucap mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua