HUT Ke-492 Jakarta, Dishub DKI Tutup Jalan Sudirman-Thamrin 21 dan 22 Juni

Okezone ยท Jumat, 21 Juni 2019 - 08:49 WIB
HUT Ke-492 Jakarta, Dishub DKI Tutup Jalan Sudirman-Thamrin 21 dan 22 Juni

Ilustrasi rekayasa lalu lintas. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar perayaan hari ulang tahun (HUT) kota Jakarta. HUT ke-492 itu bakal diisi rangkaian acara dari pesta diskon hingga karnaval yang digelar pada 21 hingga 23 Juni dan ditutup pada 30 Juni.

Sedangkan puncak perayaan HUT ke-492 Jakarta akan dilakukan pada Sabtu, 22 Juni 2019. Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov DKI Jakarta menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin), saat gladi resik pada hari ini hingga besok (21-22 Juni 2019).

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu–rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan," kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Jakarta, Sigit Wijatmoko dalam keterangan tertulis, Kamis (20/6/2019).

Adapun rekayasa lalu lintas yang diberlakukan sebagai berikut:

Penutupan Jalan saat Gladi Resik Malam Puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta:

1. Sisi Utara Bundaran Hotel Indonesia ditutup pukul 14.00 Wib sampai 20.00 Wib.

2. Ruas Jalan Sutan Syahrir ditutup pukul 05.00 Wib sampai selesai.

Penutupan jalan. Shutterstock

Pengalihan arus lalu lintas:

1. Arus lalu lintas dari arah Sarinah yang akan belok kiri menuju Jalan Sutan Syahrir dialihkan lurus ke Jalan Imam Bonjol atau Jalan Sudirman;

2. Arus lalu lintas dari arah Jl. Kebon Kacang Raya yang akan lurus menuju Jalan Sutan Syahrir atau Putar Balik menuju Jalan Sudirman dialihkan belok kiri menuju Jalan M.H. Thamrin;

3. Arus lalu lintas dari arah Dukuh Atas yang akan belok kanan menuju Jalan Sutan Syahrir (Bundaran Hotel Indonesia) dialihkan lurus menuju Jl. M.H. Thamrin).

Malam Puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta, 22 Juni 2019:

1. Penutupan Ruas Jalan: mulai pukul 15.00 Wib - 00.00 Wib, Ruas Jalan MH Thamrin sisi Timur dan Barat (dari Simpang Sarinah sampai Bundaran Hotel Indonesia). Kemudian, ruas Jalan Jenderal Sudirman sisi Barat (dari Dukuh Atas sampai Bundaran Hotel Indonesia).

Selanjutnya, ruas Jalan Imam Bonjol (dari Bundaran Hotel Indonesia s.d Simpang Jl. Agus Salim). Dengan adanya penutupan ruas jalan ini, terdapat pengalihan jalan bagi bus Transjakarta Koridor 1.

2. Pengalihan arus lalu lintas, dari arah Jalan Wahid Hasyim sisi Timur yang akan belok kiri menuju Jalan MH Thamrin dialihkan lurus ke Jalan Wahid Hasyim sisi Barat.

Arus lalu lintas dari Jalan Kebon Kacang Raya yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia diarahkan putar balik. Selain itu, arus lalu lintas dari Jalan Teluk Betung yang akan menuju Jalan Sudirman diarahkan putar balik.

Kemudian, arus lalu lintas dari Jalan Imam Bonjol yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia dialihkan belok kiri menuju Jalan Pamekasan atau belok kanan menuju Jalan Agus Salim. Sementara arus lalu lintas dari arah Semanggi yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia dialihkan belok kiri (Dukuh Atas) menuju Jalan RM Margono Djodjohadikoesoemo.


Editor : Djibril Muhammad