Ibu Kota Pindah ke Nusantara, Begini Nasib Jakarta

Komaruddin Bagja Arjawinangun ยท Rabu, 19 Januari 2022 - 02:36:00 WIB
Ibu Kota Pindah ke Nusantara, Begini Nasib Jakarta
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto MNC Portal).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah sedang berproses dalam pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara yang berada di Kalimantan Timur. Dalam beberapa tahun ke depan, DKI Jakarta tak lagi menjadi ibu kota negara.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan akan mengikuti arahan dari pemerintah pusat.

"Kemarin sudah dibahas, disahkan di DPR komisi 2 jadi dipansuskan terkait IKN (ibu kota negara) sudah selesai di tingkat 1. Hari ini rencananya akan terkait UU IKN. Kami mengikuti apa yang menjadi kebijakan pusat bersama DPR terkait dengan IKN memang sudah disahkan, rencananya akan berpindah ibu kota ke Kalimantan yang namanya diusulkan menjadi Nusantara," ujar Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Dia menambahkan, pihaknya sudah membahas pada rapat-rapat yang telah lalu. Selanjutnya sesuai ketentuan dari Kemendagri juga sedang menyiapkan PP dan program ke depan dari 2023 sampai 2026.

"Jakarta idealnya sekali pun tidak menjadi ibu kota, kami meyakini Jakarta masih akan menjadi tempat yang baik, nyaman, aman. Kita berusaha Jakarta akan menjadi pusat perekonomian perdagangan di Indonesia dan menjadi pusat pendidikan dan juga kesehatan di samping juga tentu bisa menjadi pusat seni budaya dan sebagainya," kata Ariza.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: