Idul Adha, Kedatangan Penumpang Kereta Jarak Jauh di Jakarta Naik 45,7 Persen

Felldy Utama ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 14:05 WIB
Idul Adha, Kedatangan Penumpang Kereta Jarak Jauh di Jakarta Naik 45,7 Persen

Sejumlah lokomotif menjalani perawatan di Balai Yasa Yogyakarta, selama masa perjalanan kereta api jarak jauh dibatalkan. (foto : Dok/Humas KAI Daops 6 Yogyakarta)

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mencatat 3.200 penumpang kereta jarak jauh turun di Jakarta di akhir pekan ini. Jumlah itu meningkat 45,7 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menyebut jumlah itu merupakan penumpang kereta api jarak jauh yang turun di Stasiun Jatinegara, Stasiun Gambir, dan Stasiun Pasar Senen. Menurutnya peningkatan itu berkaitan dengan libur panjang Idul Adha 1441 Hijriah akhir pekan ini.

"Arus kedatangan penumpang meningkat 45,7 persen dibanding minggu sebelumnya," kata Eva melalui keterangan tertulis yang diterima iNews.id di Jakarta, Minggu (2/8/2020).

Eva menegaskan PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan protokol kesehatan dilaksanakan secara ketat bagi penumpang yang baru tiba di ibu kota. Antara lain mewajibkan penumpang menggunakan masker dan diperiksa suhu tubuhnya saat tiba.

Dia juga menyebut setiap kereta dilengkapi ruang isolasi sementara bagi penumpang yang memiliki suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celcius. Selanjutnya penumpang dengan kondisi tersebut diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan setiap 30 menit di fasilitas stasiun dan kereta yang sering dipegang oleh penumpang. Eva mengatakan upaya pendisiplinan protokol kesehatan akan terus dilakukan PT KAI untuk menunjang adaptasi kebiasaan baru.

"Perangkat kebersihan seperti cairan antiseptik dan alat cuci tangan dengan sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi secara baik," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama