Inspiratif! Punya Riwayat Asma, Pemuda Ini Sukses Jadi Anggota Paskibraka Kota Bogor

Putra Ramadhani Astyawan ยท Rabu, 17 Agustus 2022 - 22:11:00 WIB
Inspiratif! Punya Riwayat Asma, Pemuda Ini Sukses Jadi Anggota Paskibraka Kota Bogor
Muhammad Agung Aulia, anggota Paskibraka Kota Bogor (foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan)

BOGOR, iNews.id - Kisah inspiratif datang dari Muhammad Agung Aulia. Agung lolos dan menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Bogor pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini.

Awalnya siswa Kelas XI SMK Farmasi Bogor ini dipilih sekolahnya untuk mengikuti tes seleksi Paskibraka Kota Bogor tahun 2022. Dia dipilih karena memiliki postur badan tinggi dan proporsional.

Agung membuktikan bisa lolos seleksi dan menjadi bagian dari Paskibraka Kota Bogor dengan posisi 17 penjuru tengah. Padahal Agung tidak mengikuti ekstrakurikuler Paskibra di sekolahnya dan memiliki riwayat sakit asma yang membuatnya lebih cepat lelah. 

Agung yang pernah berjualan es doger dan es podeng ini berhasil lolos di semua tes seleksi Paskibraka. Mulai dari tes fisik berupa lari 3-4 putar lapangan, push up dan sit up, tes wawancara dan tes psikologi. 

"Awal masuk Paskibraka saya sedikit mengalami kesulitan karena secara fisik saya cepat lelah, tapi setelah latihan terus saya mulai terbiasa dan merasa nyaman," kata Agung saat ditemui di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Rabu (17/8/2022).

Saat diumumkan lolos seleksi dan menjadi bagian dari Paskibraka, dia merasa senang sekaligus bangga. Dia tidak pernah membayangkan bisa ambil bagian dalam sejarah pengibaran bendera merah putih, khususnya di tingkat kota.

Agung juga tidak menargetkan berada di posisi tertentu. Menurutnya Paskibraka bukan tentang memilih posisi, tetapi tentang mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

"Saya mau di posisi apa pun senang, tapi sekarang saya sedih karena setelah mengibarkan bendera di upacara HUT RI, semua latihan dan pembinaan selesai," katanya.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda