Jakarta Utara Tak Bisa Antisipasi Banjir dengan Drainase Vertikal, Ini Penyebabnya

Antara ยท Kamis, 25 November 2021 - 16:28:00 WIB
Jakarta Utara Tak Bisa Antisipasi Banjir dengan Drainase Vertikal, Ini Penyebabnya
Wilayah Jakarta Utara tak bisa dibangun drainase vertikal untuk mencegah banjir. (Foto: MPI/Yohannes Tobing)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara mengatakan antisipasi banjir di wilayah tersebut tak bisa dilakukan dengan drainase vertikal. Kondisi itu disebabkan karena lahan yang sudah jenuh.

Kepala Seksi Pemeliharaan Drainase Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara, Yursid Suryanegara membenarkan hal tersebut.

"Karena kita sudah jenuh, satu meter lebih sedikit itu sudah ketemu air tanah. Jadi proyek sumur resapan Dinas SDA DKI memang tidak ada di Jakarta Utara," kata Yusrid di Jakarta Utara, Kamis (25/11/2021.

Yusrid menjelaskan kondisi lahan yang sudah jenuh menyebabkan lahan tidak mampu menyerap air dan hanya melintasi permukaan tanah. Untuk mengurangi genangan air di ruas jalan maka Pemkot Jakarta Utara melalui Suku Dinas Sumber Daya Air menempatkan tanggul tangkapan air (polder) di kawasan yang kerap tergenang saat hujan, salah satunya di kawasan Kelapa Gading dan sekitarnya.

Di kawasan Kelapa Gading tepatnya di Jalan Boulevard Artha Gading sejak saat ini hingga Desember 2022 nanti berlangsung pengerjaan polder oleh Dinas SDA DKI dengan total luasnya lebih dari 70 hektare.

"Namun ditargetkan, saya sudah konfirm ke Dinas SDA, ditargetkan lebih cepat penyelesaiannya," tutur Yursid.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda