Jalur Puncak Bogor Longsor, Ini Penyebabnya

Putra Ramadhani Astyawan ยท Senin, 11 Januari 2021 - 08:51:00 WIB
Jalur Puncak Bogor Longsor, Ini Penyebabnya
Pembersihan material longsor di Gunung Mas, Puncak Bogor masih berlangsung hingga Senin (11/1/2021) pagi. (Foto: Istimewa)

BOGOR, iNews.id - Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat terputus karena terjadi longsor di kawasan Gunung Mas pada Minggu (10/1/2021) malam. BPBD Kabupaten Bogor pun menjelaskan penyebabnya.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor Adam Hamdani mengatakan tanah longsor terjadi diduga karena adanya mata air di atas tebing yang meluap karena tersumbat. Luapan air tersebut memicu terjadinya longsor di bawahnya.

"Saat kejadian tidak hujan, namun di atas longsoran itu terdapat aliran air dan mata air (tempat warga biasa ambil air). Patut diduga aliran air tersumbat sehingga meluap," katanya di Bogor, Senin (11/1/2021).

Longsor tersebut menutup Jalur Puncak dengan panjang sekitar 20 meter. Petugas gabungan dari BPBD, Polri-TNI, dan Pemadam Kebakaran diterjunkan ke lokasi untuk membersikan material longsor.

"Panjang jalan tertutup sekitar 20 meteran. Saat ini penanganan dengan satu alat berat dari Dinas PUPR dan tenaga manusia. Dilanjut penyemprotan oleh truk high pressure BPBD Kabupaten Bogor," ucap Adam.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2