Jam Operasional KRL Dikurangi, Pekerja di Jakarta Bingung Cari Transportasi

Fahreza Rizky ยท Sabtu, 19 September 2020 - 11:26 WIB
Jam Operasional KRL Dikurangi, Pekerja di Jakarta Bingung Cari Transportasi

Penumpang di KRL (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyesuaikan jam operasional KRL Commuterline mulai hari ini, Sabtu (19/9/2020) seiring dengan pemberlakuan PSBB di wilayah DKI Jakarta. KRL beroperasi mulai pukul 04.00 hingga pukul 20.00 WIB.

Kereta pemberangkatan pertama memasuki wilayah DKI Jakarta sekitar pukul 05.00 WIB dan kereta terakhir meninggalkan wilayah DKI Jakarta sekitar pukul 19.0 WIB. Kapasitas pengguna tetap dibatasi hingga 74 orang per kereta.

Seorang karyawan swasta di Jakarta, Evi, memberikan respons atas kebijakan ini. Dia khawatir tertinggal kereta terakhir yang berangkat dari Ibu Kota. Pasalnya, pekerjaan dia terkadang tak melulu selesai tepat waktu.

"Waduh akan membuat kita jadi berputar otak untuk membawa alat transportasi pribadi," ucapnya.

Dengan majunya jam kereta terakhir dari Jakarta ini juga akan membuat perusahaan memajukan jam kerja sehingga menimbulkan penumpukkan penumpang di pagi atau malam hari sebelum pukul 19.00 WIB.

"Kantor pasti akan memajukan jam kerja yang menimbulkan penumpukan di pagi hari. Terus kalau dipatok jam segitu penumpang jadi terburu-buru pulang, tidak menutup kemungkinan menumpuk di jam-jam pulang kerja," kata dia.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba menjelaskan, penyesuaian ini juga sejalan dengan aturan jam operasional moda transportasi publik lainnya di wilayah Jakarta yang beroperasi dalam rentang waktu yang sama.

"Namun demikian, mengingat pola operasional KRL Jabodetabek yang menjangkau tiga propinsi, melayani 80 stasiun, dan melalui 418,5 KM jalur rel, maka akan ada sejumlah kereta yang berjalan di luar jam operasional tersebut," ujarnya.

PT KCI tetap mengimbau para pengguna yang akan naik KRL khususnya pada malam hari dari stasiun-stasiun di wilayah DKI Jakarta untuk sudah berada di stasiun pada pukul 19:00 WIB agar dapat naik KRL dengan jadwal pemberangkatan terakhir.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq