Jemaah Umrah Positif Covid-19 Diduga Ditolak Karantina, Ini Penjelasan RSDC Wisma Atlet

Muhammad Refi Sandi ยท Kamis, 27 Januari 2022 - 06:34:00 WIB
Jemaah Umrah Positif Covid-19 Diduga Ditolak Karantina, Ini Penjelasan RSDC Wisma Atlet
Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat angkat bicara soal kabar penolakan karantina dua jemaah umrah yang positif Covid-19. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat angkat bicara soal kabar penolakan karantina dua jemaah umrah yang positif Covid-19. Dua jemaah umrah itu berinisial SM (59) dan MG (80).

Koordinator Humas RSDC Wisma Atlet Kemayoran Kolonel Mintoro Sumego menjelaskan pihaknya tidak menolak. Melainkan karena pasien SM (59) memiliki komorbid kanker payudara dan MG (80) memerlukan pendampingan sehingga membutuhkan fasilitas perawatan lebih.

"Bukan ditolak bahasanya. Tapi dia punya kanker payudara (59) sesuai arahan dari Kemkes untuk yang punya penyakit lain dirawat di rumah sakit. Yang satu lagi (80) sehingga perlu pendampingan di Wisma Atlet tidak bisa ada pendamping karena begitu banyak pasiennya yang bisa di rumah sakit definitif itu alasannya," kata Mintoro saat dihubungi, Kamis (27/1/2022).

Mintoro menjelaskan perihal pendampingan di Wisma Atlet tidak memungkinkan. Sebab, saat ini kasus Covid-19 sedang meningkat.

"Karena pendampingan di Wisma Atlet terlalu ramai jadi lebih baik dirawat di rumah sakit yang pendampingan dan perawatannya tidak terlalu penuh," ucapnya.

Lebih lanjut, Mintoro menyebut keduanya kini dirujuk ke RSPI Soelianti Saroso, Jakarta Utara. 

"Kalau tidak salah ke RSPI atau di mana nanti belum saya lihat lagi. Tapi, alasan pertamanya itu," tuturnya.

Sebelumnya, SM dikabarkan akan dirujuk ke Wisma Atlet, Jakarta. Namun dirinya diduga ditolak lantaran memiliki penyakit kanker ganas.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: