Kapan Banjir Jakarta Selesai? Anies: Tunggu Permukaan Air Laut Surut

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 02 Januari 2020 - 16:13:00 WIB
Kapan Banjir Jakarta Selesai? Anies: Tunggu Permukaan Air Laut Surut
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menemui korban banjir di Jakarta, Kamis (2/1/2020). (Foto: iNews.id/ Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melanjutkan pantauan langsung ke lokasi banjir di sejumlah wilayah Jakarta, Kamis (2/1/2020). Salah satunya di wilayah Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat.

Pada kesempatan itu dia tidak bisa memastikan kapan air yang menggenangi sejumlah wilayah Jakarta akan surut. Dia menuturkan, naiknya permukaan air laut ikut menentukan berapa lama air akan bertahan menggenagi wilayah Jakarta.

Menurutnya, air yang menggenang di Jakarta seharusnya bisa dialirkan ke laut, karena permukaan air laut juga naik, air yang menggenang sulit untuk dibuang ke laut.

"Sebagian dari air-air itu akan menunggu permukaan air laut juga surut," ujar Anies di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (2/1/2020).

BACA JUGA:

Rumah Kebanjiran, Warga Ramai-Ramai Dirikan Tenda di Trotoar Jalan Manggarai

BPPT Akan Modifikasi Cuaca Gunakan Pesawat Casa dan CN 295

Dia mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berupaya maksimal mengatasi persoalan banjir di Jakarta. Salah satunya dengan memompa genangan air kemudian dialirkan ke sungai.

Sementara mengenai target kapan banjir Jakarta teratasi, dia tidak bisa memastikan. Dia hanya mengatakan, persoalan banjir segera diatasi. "Mudah-mudahan lebih cepat lebih baik," ucapnya.

Menurutnya, terpenting saat ini, menyelamatkan warga yang menjadi korban banjir. Selain itu, juga penting untuk memenuhi kebutuhan korban banjir, baik makanan dan minuman serta tempat tinggal sementara.

"Jadi kita lihat konsentrasinya pada warganya sambil kita melihat proses surutnya air," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi