Kapolda Metro Jaya Imbau Warga Tak Salat Id di Masjid atau Lapangan

Irfan Ma'ruf ยท Minggu, 24 Mei 2020 - 04:00 WIB
Kapolda Metro Jaya Imbau Warga Tak Salat Id di Masjid atau Lapangan

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana. (Foto: Dok BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Polda Metro Jaya kembali mengingatkan masyarakat tak melaksanakan Salat Idul Fitri berjemaah dalam jumlah banyak di masjid atau lapangan. Menurutnya aktivitas tersebut bisa meningkatkan risiko penularan covid-19 karena Jakarta termasuk zona merah.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah menjelaskan pelaksanaan Salat Id lebih baik dilakukan di rumah masing-masing. Hal itu menurutnya akan mencegah terbentuknya kerumunan.

"Kami berharap pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri 1441 Hijriah dilaksanakan di rumah saja. Imbauan ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona,” katanya dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

Nana menegaskan Polda Metro Jaya akan menggelar patroli di malam Idul Fitri hingga hari raya berlangsung. Patroli akan dilaksanakan bersama TNI dan unsur lainnya.

"Kami akan mengawal pelaksanaan malam takbiran dan perayaan Idul Fitri," ucapnya.

Sebagai informasi pemerintah hari ini mengumumkan penambahan 949 pasien positif covid-19 hari ini. Sebanyak 115 di antaranya ada di Jakarta sehingga jumlah total di Ibu kota menjadi 6.515 orang. Jumlah itu yang terbanyak di antara provinsi lain.

Editor : Rizal Bomantama