KemenPUPR Akan Perbaiki Jalan yang Ambles di Kota Bogor

Putra Ramadhani Astyawan ยท Selasa, 31 Agustus 2021 - 15:10:00 WIB
KemenPUPR Akan Perbaiki Jalan yang Ambles di Kota Bogor
KemenPUPR akan memperbaiki Jalan Soleh Iskandar tepatnya di underpass Tol BORR, Kota Bogor ambles. (Foto MNC Portal).

BOGOR, iNews.id - Ruas Jalan Soleh Iskandar tepatnya di underpass Tol BORR, Kota Bogor ambles. Penyebab amblesnya jalan nasional itu karena tembok penahan tanah sudah tidak kuat menahan beban jalan.

"(Penyebab) penurunan tanah, karena ada dinding penahan tanah sudah tidak kuat, tanahnya turun kemudian jalannya turun. Dan akan dicek, apakah dinding penahanya masih kuat," kata Kepala Staf PPK 5.2  Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat KemenPUPR Arimi Indira kepada wartawan di lokasi, Selasa (31/8/2021).

Indira menyebut, penurunan tanah terjadi secara bertahap sejak tahun 2017. Saat ini, penurunan sudah mencapai kedalaman kurang lebih 60 centimeter. "Penurunan tanah sekitar 60 centimeter," jelasnya.

Tim teknis dari KemenPUPR akan mendatangi ke lokasi untuk memeriksa lebih lanjut kondisi jalan tersebut. Termasuk menganggarkan perbaikan jalan secara permanen kemungkinan pada tahun 2022.

"Kami akan memasang plat baja, sehingga beban kendaraan akan dibantu plat baja. Membantu, mengurangi beban dinding penahan tanah. Kemudian penanganan permanen, bisa dilaksanakan 2022 sedang diajukan. Nanti juga siang tim teknis kami akan melihat lebih lanjut penangananya apakah akan dilaksanakan tahun ini atau tahun depan," tutur Indira.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto mengatakan sebenarnya rencana perbaikan jalan yang amblas itu sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu. Tetapi, pada pantauan di lapangan terjadi penurunan tanah yang lebih tajam dari perkiraan sehingga butuh penanganan lebih dini.

"Jadi harus dilakukan pengamanan, jalan yang paling pinggir, agar tidak terjadi korban. Kedua, akan dilakukan langkah sementara dulu untuk bisa meratakan jalan dan akan diusulkan tahun 2022 untuk segera dilakukan perbaikan," ucap Atang.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: