Kisah Saung Ranggon Bekasi, Ternyata Tempat Singgah Pangeran Jayakarta dan Pertapaan Soekarno

Abdullah M Surjaya, Sindonews · Jumat, 12 Agustus 2022 - 07:15:00 WIB
Kisah Saung Ranggon Bekasi, Ternyata Tempat Singgah Pangeran Jayakarta dan Pertapaan Soekarno
Saung Ranggon merupakan bangunan bersejarah di Kampung Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (Foto: MPI/Abdullah M Surjaya)

JAKARTA, iNews.id - Saung Ranggon merupakan bangunan bersejarah di Kampung Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Tempat itu ternyata merupakan tempat singgah Pangeran Jayakarta dan pertapaan Presiden Soekarno.

Konon katanya bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1821. Kini bangunan itu dikeramatkan warga setempat.

Bangunan seluas 5.000 meter persegi dengan tinggi sekitar 2,5 meter itu terbuat dari kayu ulin yang berasal dari Sumatra. Tempat singgah para tokoh ulama ini dipenuhi barang pusaka yang membuatnya terasa angker dan mistis.

Pintu menuju ke dalam area Saung Ranggon itu tertutup, hanya ada seorang ‘kuncen’ atau penjaga ibu-ibu dan anaknya. Sri mengungkapkan dia tidak tahu persis sejak kapan bangunan itu berdiri dan didirikan oleh siapa.

Dia mendapatkan cerita dari sang kakek yang telah tinggal sejak awal di lokasi itu. Usia pasti bangunan ini tidak ada yang tahu, berbagai sumber yang menyebut ditemukan pada abad ke-15 dan pada tahun 1821 ditemukan kembali pasukan Kerajaan Mataram bernama Raden Abbas.

Sri mengaku masih keturunan keenam dari Raden Abbas yang memiliki nama lengkap Raden Nyimas Sri. 

”Keluarga saya turun temurun tinggal di sini. Ceritanya pun dari turun temurun, tapi diyakini tempat singgah Pangeran Jayakarta dan utusan para wali,” kata Sri ditemui Minggu (7/8/2022).

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda