KSAD Pimpin Tradisi Puncak Tidar, Himne TNI AD Menggema 

Tim iNews · Jumat, 24 Juni 2022 - 14:06:00 WIB
KSAD Pimpin Tradisi Puncak Tidar, Himne TNI AD Menggema 
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin tradisi Puncak Tidar (Foto : TNI AD)

JAKARTA, iNews.id - Himne TNI Angkatan Darat (TNI AD) berkumandang saat dinyanyikan oleh ratusan peserta Apel komandan Satuan (AKS) TA 2022 pada kegiatan tradisi Puncak Tidar di Akademi Militer, Magelang, Jumat, (24/6/2022). Kegiatan tradisi Puncak Tidar ini menjadi momen kegiatan TNI AD pertama dinyanyikannya himne TNI Angkatan Darat yang merupakan ciptaan Lettu Caj Dicky tersebut.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam sambutannya mengatakan tradisi Puncak Tidar mengandung muatan nilai sejarah Indonesia yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari Akademi Militer. 

Makna tersebut diwariskan dan bermula dari peristiwa heroik yang dilakukan secara spontan oleh masyarakat sekitar Gunung Tidar pada tanggal 25 September 1945 yang kemudian dikenal dengan sebutan Insiden Puncak Tidar.

“Selamat datang kepada seluruh perwira peserta Apel komandan Satuan di Puncak Tidar. Di tempat inilah kita dulu pernah ditempa, sehingga menjadi perwira yang tanggap, tanggon dan trengginas dalam menyongsong tugas-tugas mulia bagi bangsa dan negara,” kata KSAD.

Tradisi Puncak Gunung Tidar (Foto : TNI AD)
Tradisi Puncak Gunung Tidar (Foto : TNI AD)

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda