Kunjungi RSDC Wisma Atlet, Panglima TNI Ingatkan Perang Lawan Covid-19 Belum Selesai

Riezky Maulana ยท Selasa, 17 Agustus 2021 - 21:07:00 WIB
Kunjungi RSDC Wisma Atlet, Panglima TNI Ingatkan Perang Lawan Covid-19 Belum Selesai
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat bersama Kapolri Jenderal TNI Listyo Sigit Prabowo, Selasa (17/8/2021). (Foto: iNews.id/Riezky Maulana)

JAKARTA, iNews.id - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat bersama Kapolri Jenderal TNI Listyo Sigit Prabowo, Selasa (17/8/2021). Dia pun mengimbau kepada seluruh sumber daya manusia (SDM) yang bertugas menjadi garda terdepan penanganan covid-19 untuk tidak lengah meskipun jumlah kasus telah mengalami penurunan. 

Panglima TNI menegaskan hal itu kepada seluruh pihak termasuk tenaga kesehatan (nakes) dari pihak TNI-Polri, Kemenkes hingga Pemerintah Daerah. Menurut dia, perang melawan pandemi ini belum selesai dan oleh karenanya kewaspadaan tinggi masih terus dibutuhkan. 

"Bahwa perang melawan covid-19 belum usai. Kita semua tetap harus waspada. Karena kemungkinan kalau kita lengah maka hal yang terburuk bisa terjadi," kata Hadi.

Dia meminta kepada para pihak terkait untuk terus melakukan pelacakan kontak secara erat kasus konfirmasi positif. Menurutnya, kampanye penggunaan masker juga harus terus dilakukan. 

"Kita terus melaksanakan tracing kontak erat atas kasus konfirmasi dan terus mengampanyekan supaya tetap menggunakan masker," ucapnya.

Terkhusus penanganan Covid-19 di Wisma Atlet, Hadi menjelaskan saat ini pasien covid-19 yang dirawat inap berjumlah 1.503 orang dengan Bed Ocupancy Rate (BOR) 19,4 persen. Sedangkan puncak tertinggi pasien Covid-19 di rumah sakit ini terjadi pada tanggal 30 Juli 2021 dengan total pasien 7.167 dan BOR hampir menyentuh angka 100 persen.

"Untuk Rumah Sakit Darurat Corona Wisma Atlet, puncaknya terjadi pada tanggal 30 Juli 2021 merawat 7.167 orangdan tercatat BOR nya 97 persen. Zaat ini RSDC sedang merawat 1.503 dan tercatat BOR-nya 19,04 persen," tuturrnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: