Mal dan Kantor Patuhi PSBB, Anies Sebut Pasar dan KRL Masih Jadi PR

Riezky Maulana ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 16:20 WIB
Mal dan Kantor Patuhi PSBB, Anies Sebut Pasar dan KRL Masih Jadi PR

Ilustrasi Antrean di Stasiun KRL Bogor (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diperpanjang hingga 16 Juli 2020. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan banyak pihak yang sudah relatif tertib mematuhi PSBB seperti pertokoan dan kantor.

Meski demikian, Anies menyebut masih ada tantangan yang harus segera diatasi. Dia menyebut kerumunan di pasar dan KRL masih banyak dan menjadi pekerjaan serius bagi jajarannya.

"Pengunjung nanti dikendalikan petugas akan ditugaskan di pintu masuk pasar. Dikendalikan juga di pintu masuk KRL, secara umum nanti jajaran baik TNI, polisi, maupun Pemprov akan bekerja dengan KCI untuk bisa memantau pengaturan di KRL," kata Anies kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (1/7/2020).

Anies mengatakan nantinya aturan ganjil genap di pasar akan ditiadakan karena tidak efektif. Petugas akan berjaga untuk memastikan pengunjung pasar tidak lebih dari 50 persen.

"Pasar dan KRL masih menjadi PR yang dituntaskan," ucap Anies.

Anies mengatakan kedisipilinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan masih diperlukan. Terdapat tiga indikator yang perlu diperhatikan yakni menggunakan masker, mencuci tangan secara rutin dan menjaga jarak.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq