Maling Burung Beraksi di Sawangan, Lovebird Jutaan Rupiah Amblas

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 31 Agustus 2018 - 14:04 WIB
Maling Burung Beraksi di Sawangan, Lovebird Jutaan Rupiah Amblas

Anggota Polsek Sawangan meminta keterangan warga saat olah TKP pencurian burung kicau di Perumahan Bumi Citra Lestari, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Jumat (31/8/2018). (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id – Komplotan maling spesialis burung kicau beraksi di Kompleks Perumahan Bumi Citra Lestari, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Sekali beraksi, empat rumah dibobol. Burung kicau seharga jutaan rupiah pun amblas.

Salah satu korban, Yudi, menuturkan, pelaku diperkirakan berjumlah dua orang. Perkiraan ini diketahui dari hasil rekaman CCTV milik salah satu warga. Dua orang mengendarai sepeda motor berboncengan tampak menggondol burung dan sangkarnya pada pagi buta.

”Kejadian sekitar pukul 03.30-04.00 WIB tadi pagi. Total ada empat rumah yang disatroni. Pelaku hanya mengambil burung kicau,” kata Yudi kepada iNews.id, Jumat (31/8/2018).

Dia menuturkan, pencurian ini baru diketahui sekitar pukul 06.00 WIB. Saat itu dirinya diberitahu tetangga yang melihat rekaman CCTV terdapat gambar pelaku datang.

”Saya cek, benar, burung sudah hilang. Kemudian saya cek ke tetangga sekitar ternyata ada empat rumah mengalami kejadian serupa pada waktu bersamaan,” ujar ahli IT di salah satu perusahaan swasta Jakarta tersebut.

Secara keseluruhan terdapat 6 burung kicau yang amblas digondol pelaku, yakni jenis Cucak Jenggot, Lovebird, dan Kacer. Burung-burung ini pernah memenangi lomba dan memiliki suara bagus. Kerugian mencapai jutaan rupiah.

Menurut Yudi, kasus ini telah dilaporkan ke Polsek Sawangan. Mendapatkan laporan tersebut, polisi langsung mendatangi rumahnya di Blok G2 dan melakukan olah tempat kejadian perkara.

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain sangkar burung yang digeletakkan pelaku di jalanan perumahan, dan memotret jejak kaki. Sejumlah saksi juga telah dimintai keterangan. 

”Kami menduga pelaku sudah mengincar sejak jauh hari. Mereka bisa mengetahui keadaan dan beraksi dengan leluasa,” kata Kapolsek Sawangan Kompol Suprasetyo.

Dia menuturkan, berdasarkan penyidikan sementara, pelaku diperkirakan orang sekitar. ”Mereka telah menetapkan targetnya dengan jelas. Sebab, tidak ada barang-barang lain yang diambil. Hanya burung saja,” ujarnya.

Suprasetyo mengingatkan kepada warga agar lebih berhati-hati. Berdasarkan pengamatan petugas, tingkat keamanan kompleks tersebut terbilang longgar. "Apalagi ini termasuk kawasan rawan pencurian. Kasus serupa juga pernah terjadi. Karena itu, kewaspadaan dan pengamanan internal perlu lebih ditingkatkan," ujarnya.

Editor : Zen Teguh