Masuk Kategori Cagar Budaya, Planetarium di TIM Tak Tersentuh Revitalisasi

Jonathan Simanjuntak ยท Minggu, 17 Oktober 2021 - 08:13:00 WIB
Masuk Kategori Cagar Budaya, Planetarium di TIM Tak Tersentuh Revitalisasi
Taman Ismail Marzuki tak merevitaisasi Planetarium (Foto: Sindo)

JAKARTA, iNews.id - Planetarium menjadi salah satu bangunan yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM). Meskipun revitalisasi dilakukan di kawasan TIM, namun wujud Planetarium dianggap tidak akan berubah.

Hal tersebut lantaran Planetarium masuk dalam kategori Cagar Budaya. Bahkan, tanah hasil revitalisasi depan Planetarium harus dibuat miring agar bangunan bentuk kubah tersebut dapat terlihat dari bagian depan.

“Kami lebih banyak revitalisasi di Interiornya, dan untuk luarnya memang kami tidak sentuh banyak karena Cagar Budaya,” kata Officer Pengendalian Biaya dan Waktu, Farhan Hardiputra, di Jakarta, dikutip Minggu (17/10/2021).

Meski luar bangunan itu tidak disentuh, Farhan mengaku pihaknya sedang mengerjakan proyek disekelilingnya Planetarium. Dari pembangunan tersebut nantinya akan terbentuk suatu tempat latihan para seni dan sebagai ruang pameran kary.

“Jadi ada area pusat latihan seni itu orang orang latihan seni, lalu ada area pusat jajanan, tadi sebagai gantinya foodcourt yang existing dulu, lalu ada galery cipta juga yaitu ruang pameran untuk lukisan karya seniman lainnya.

Sementara, dalam Planetariumnya sendiri tetap akan menyediakan ruang auditorium dan ruangan 3D. Farhan juga mengatakan bahwa nantinya Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) akan menyediakan bioskop non-komersial.

“Nanti kita ada komunitasnya (bioskop non komersil), nanti kita kasih tempat, ruangannya, nanti orang mungkin sambil jalaan bisa bayar untuk nonton film-film non komersil,” tuturnya.

Farhan mengaku, dalam pembangunan tersebut pihaknya telah berkolaborasi dengan sejumlah seniman. “Kalau untuk ruang-ruang itu semua kita berkolaborasi dengan seniman, misalnya kurang ruang laithan terus juga butuh ggaleri dimana.” katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: