Mengejutkan, Pengemis Tua di Gandaria Ini Bawa Uang Rp194,5 Juta

Antara ยท Sabtu, 30 November 2019 - 05:30 WIB
Mengejutkan, Pengemis Tua di Gandaria Ini Bawa Uang Rp194,5 Juta

Petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan mengamankan pengemis tua yang membawa uang Rp194,5 juta dari kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat (29/11/2019). (Foto: ilustrasi/dok. Sindonews).

JAKARTA, iNews.id - Petugas Suku Dinas Sosial Kota Jakarta Selatan menangkap seorang kakek pengemis di kawasan Gandaria. Saat diperiksa, dalam tasnya tersimpan uang Rp194,5 juta hasil mengemis di jalanan.

Pengemus berusia 65 tahun itu bernama Mukhlis Muctar Besani. Uang Rp194,5 juta itu terdiri atas pecahan beragam, mulai Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, hingga Rp100.000.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Sosial Kota Jakarta Selatan, Mursidin, mengatakan, Mukhlis terjaring razia Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang digelar Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan di sekitar pusat perbelanjaan Gandaria City.

"Kami melakukan razia PMKS di sejumlah titik. Kami menjangkau sembilan orang PMKS, salah satunya kakek Mukhlis ini," kata Mursidin, Jumat (29/11/2019).

Dia menjelaskan, petugas Sudin sering mendapatkan laporan bahwa Mukhlis sering mengemis di pertokoan di wilayah tersebut. Petugas tidak langsung merazia, namun mengamati perilakunya selama beberapa hari.

Mengetahui hendak dijaring, Mukhlis berupaya menghindar. Melihat petugas datang, dia pun masuk ke salah satu bank di kawasan tersebut. Namun petugas tak diam. Setelah berkoordinasi dengan pihak bank, pengemis tua itu pun dibawa ke petugas untuk dibawa ke panti sosial.

Menurut Mursidin, kejadian tersebut bukan yang pertama kalinya. Mukhlis yang tercatat sebagai warga Ciputat, Kota Tangerang Selatan, sudah pernah terjaring razia petugas pada 2017.

"Tahun itu kita amankan juga kakek Mukhlis ini, dia sudah mengumpulkan uang sebesar Rp90 juta waktu itu," kata Mursidin.

Setelah diamankan dan dilakukan pembinaan bagi PMKS di Panti Sosial Bina Insani Kedoya, Jakarta Selatan, selama 21 hari, Mukhlis dijemput oleh pihak keluarganya.

Selama pembinaan, Mukhlis diberi bimbingan dan pembinaan agar tidak lagi mengulangi perbuatannya menjadi pengemis.

"Tapi ternyata dia turun lagi, sekarang uangnya justru bertambah jadi 194,5 juta," kata Mursidin.

Mukhlis kemana-mana selalu membawa tas ransel setiap mengemis di wilayah Gandaria. Uang senilai Rp194,5 juta tersebut disimpan dalam tas ranselnya. Mursidin menegaskan, Mukhlis akan kembali dibina di panti sosial sesuai peraturan yang ada.

Editor : Zen Teguh