Miris, Banyak Korban Longsor Sukajaya Bogor yang Belum Dapat Hunian Tetap

Putra Ramadhani Astyawan ยท Kamis, 19 Mei 2022 - 21:25:00 WIB
Miris, Banyak Korban Longsor Sukajaya Bogor yang Belum Dapat Hunian Tetap
Mumun, korban longsor Sukajaya Bogor (foto: MPI)

BOGOR, iNews.id - Dua tahun sudah bencana tanah longsor melanda wilayah Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Wilayah ini menjadi salah satu yang terdampak longsor pada tahun 2020 silam.

Setidaknya ada 2.952 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak bencana. Sayangnya baru 358 KK yang mendapatkan hunian tetap (huntap). Sementara sisanya masih menghuni hunian sementara atau huntara yang dibangun pemerintah pascabencana tersebut.

MNC Portal pun berkesempatan melihat kondisi warga korban bencana, salah satunya di huntara yang berada di sebelah Kantor Desa Pasir Madang. Kondisinya hampir tidak berubah sejak warga terdampak menghuni tempat tersebut dua tahun lalu.

Rumah berdinding 4x6 dengan beralaskan karpet tipis di atas tanah masih setia melindungi penghuninya dari cuaca hujan dan panas. Warga pun berharap segera pindah ke hunian yang lebih layak.

Salah satunya diungkapkan Mumun (60). Nenek ini bercerita putrinya meninggal dunia saat bencana longsor hingga menyisakan cucunya bernama Asyifa yang kini tinggal dengannya.

"Dua tahun saya tinggal di sini, sama cucu. Ibunya ini anak ketiga saya, meninggal waktu kejadian. Diangkat sama ABRI (TNI) waktu itu," kata Mumun ketika berbincang dengan MNC Portal.

Tak banyak yang diinginkan Mumun. Dia hanya ingin segera pindah ke hunian yang lebih layak dari yang ditempatinya saat ini seperti warga terdampak lain yang sudah mendapatkannya terlebih dahulu.

"Ya maunya biar cepat pindah saja, cepat dibikinin (huntap)," ujar Mumun.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: