Moskow Pasang 100.000 Kamera Canggih untuk Hadapi Corona

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 10:35 WIB
Moskow Pasang 100.000 Kamera Canggih untuk Hadapi Corona

Kota Moskow di Rusia. (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.id – Otoritas di Moskow, Rusia, memasang jaringan kamera pemantau berteknologi canggih di seantero kota itu. Penggunaan secara luas jaringan kamera yang dilengkapi sistem pengenal wajah itu bakal memainkan peran penting dalam upaya pemerintah di Negeri Tsar memerangi wabah virus corona (Covid-19).

Kota Moskow meluncurkan teknologi itu tepat sebelum epidemi mencapai Rusia. Sejak bulan lalu, ribuan warga Moskow telah diisolasi di rumah mereka selama 14 hari. Mereka yang menjalani karantina wajib itu adalah orang-orang yang baru saja kembali dari negara-negara yang dilanda epidemi Covid-19; berhubungan dengan mereka yang terinfeksi corona, atau; didiagnosis mengalami gejala ringan penyakit itu.

Polisi telah mencatat secara perinci data mereka dan memperingatkan semua warga yang menjalani karantina itu untuk tidak keluar rumah. Jika dari mereka ada yang mencoba-coba untuk menyelinap keluar rumah atau bahkan bepergian ke pusat kota, diancam dengan hukuman penjara lima tahun (untuk penduduk lokal) atau deportasi ke negara asal (bagi orang asing).

“Kami terus-menerus memeriksa bahwa peraturan ini sedang dipatuhi, termasuk melalui penggunaan sistem pengenalan wajah otomatis,” ungkap Wali Kota Moskow, Sergei Sobyanin, dalam blognya pada Februari lalu, dikutip AFP, Selasa (24/3/2020).

Moskow saat ini memiliki jaringan 170.000 kamera keamanan yang dipasang di jalan-jalan dan stasiun kereta di seluruh kota selama dekade terakhir. Sekitar 100.000 dari kamera pengawas itu kini telah dilengkapi dengan sistem kecerdasan buatan yang dapat mengidentifikasi wajah orang-orang yang direkam. Sementara, 70.000 kamera lagi yang tersisa akan segera terhubung dengan sistem canggih itu.

Polisi Moskow pada pekan lalu mengatakan, kamera yang terhubung dengan sistem pengenal wajah itu telah membantu mereka mengidentifikasi hampir 200 orang yang melanggar aturan karantina di kota tersebut.

Tak hanya kamera pengawas, Rusia kini juga tengah berusaha menggunakan berbagai teknologi untuk melawan virus corona, termasuk fasilitas konsultasi telemedicine, pemantauan rak supermarket secara real time, dan mengidentifikasi serta menghilangkan berita palsu dari media sosial secara otomatis.

Rusia pada Senin (24/3/2020) kemarin telah melaporkan 438 kasus infeksi Covid-19, kebanyakan dari mereka berada di Moskow. Satu orang yang terinfeksi telah meninggal dunia, namun petugas kesehatan tidak menghubungkan kematian sang pasien dengan virus tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil