Musim Hujan, DPRD DKI Jakarta Ingatkan Potensi Banjir dari Gorong-Gorong

Fakhrizal Fakhri ยท Kamis, 21 Januari 2021 - 20:14:00 WIB
Musim Hujan, DPRD DKI Jakarta Ingatkan Potensi Banjir dari Gorong-Gorong
Ilustrasi Hujan (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Hujan rutin mengguyur wilayah DKI Jakarta selama beberapa minggu terakhir. Salah satu antisipasi musim hujan tersebut yakni potensi banjir.

Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta Syarif meminta Pemprov DKI mengantisipasi potensi banjir yang bersumber dari gorong-gorong Ibu Kota.

Dia menilai, kesiapan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI dalam mengantisipasi banjir pada musim penghujan sudah berjalan dengan baik. Selain itu, rumah pompa di Ibu Kota  juga berfungsi dengan optimal saat musim hujan turun.

"Sampai sekarang saya katakan, langkah dinas terkait masih bisa diharapkan yah untuk menghadapi banjir dengan segala upaya yang dilakukan, tapi perlu ditingkatkan yang saluran mikronya," kata Syarif saat dikonfirmasi, Kamis (21/1/2021).

Menurut dia, Pemprov DKI perlu mewaspadai adanya ancaman banjir dan genangan yang bersumber dari saluran mikro atau gorong-gorong akibat sumbatan sampah di musim hujan.

Pemprov DKI, lanjut dia, harus belajar dari pengalaman tahun 2017 lalu karena sejumlah gorong-gorong dipenuhi sampah kulit kabel yang berdampak banjir di sejumlah ruas jalan.

"Ini (banjir) bukan hanya soal urusan saluran makro saja, tapi ada juga saluran mikro. Jangan-jangan nanti karena saluran mikro dianggap sudah bagus (bersih) waktu itu, kemudian ditinggal untuk kerjain makro eh tiba-tiba keteteran (ada banjir di saluran mikro)," ujar politisi Gerindra itu.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2