Musim Hujan, Tangsel Rawan Ancaman Pohon Tumbang 

hambali · Rabu, 29 September 2021 - 23:59:00 WIB
Musim Hujan, Tangsel Rawan Ancaman Pohon Tumbang 
Musim penghujan yang mengguyur Tangsel, menyebabkan pohon rawan tumbang (Foto: Ilustrasi/Ist)

TANGSEL, iNews.id  - Hujang angin yang beberapa kali melanda wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berdampak pula pada tumbangnya sejumlah pohon besar. Terakhir, seorang pengemudi terluka usai bagian atap mobilnya ringsek tertimpa pohon di Jalan Aria Putra, Ciputat, Rabu (29/09/21).

Bahkan pekan lalu, dua unit mobil ambulans pengangkut jenazah juga tertimpa batang pohon yang tumbang di Jalan Tekno Widya, Setu, 20 September 2021. Beruntung tak ada korban dalam kejadian itu.

Mengantisipasi itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kini berupaya melakukan pengawasan bagi keberadaan 6.000 pohon lainnya. Jika tidak, ancaman pohon tumbang bisa kembali terjadi manakala hujan dan angin kencang melanda.

"Sesuai tugas kita, maka tentu ke depan kita akan melakukan pemeliharaan. Totalnya ada sekira 6.000 pohon di Tangsel baik milik private atau umum," kata Kepala Seksi (Kasie) Pemulihan dan Pemeliharaan Lingkungan DLH Tangsel, Anton Wibawa.

Dia melanjutkan, pemeliharaan terhadap 6.000 pohon yang tersebar di berbagai wilayah Tangsel tak mudah. Lantaran Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki sangat terbatas, yakni hanya 15 personil. 

"Kalau personil hanya 15 orang, tapi kita juga sering dibantu dari bidang persampahan dan bidang taman. Ke depan Insya Allah kita sudah mengajukan tambahan SDM, sehingga kalau disetujui totalnya ada 34 orang," paparnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: