Naik Pangkat, Danpusdiklatpassus Kopassus Thevi Zebua Pecah Bintang

Rizki Maulana ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 22:00 WIB
Naik Pangkat, Danpusdiklatpassus Kopassus Thevi Zebua Pecah Bintang

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa bersama istri, Hetty Andika Perkasa, didamping Danpusdiklatpassus Kopassus Brigjen TNI Thevi Zebua dan istri di Mabesad, Jakarta, Kamis (25/6/2020). (Foto: Dispenad).

JAKARTA, iNews.id – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin upacara laporan korps kenaikan pangkat 56 perwira tinggi (pati) TNI AD. Upacara berlangsung di Lantai Dasar Gedung E Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Kadispenad Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan, dari 56 pati, tiga di antaranya naik pangkat menjadi jenderal bintang 2 atau mayor jenderal (mayjen). Adapun 53 lainnya menyandang pangkat jenderal bintang 1 (brigjen).

“Ketiga pati tersebut yaitu Mayjen TNI Anang Dwitono yang menjabat sebagai TA Pengajar Bidang Padnas Lemhannas, Mayjen TNI Hayunadi menjabat TA Pengajar Bidang Geografi Lemhannas, dan Mayjen TNI Fauzambi Syahrul Multhazar yang menempati jabatan Kasatwas Unhan," kata Kadispenad, Kamis (25/6/2020).

Sementara itu dari 53 perwira yang pecah bintang, terdapat Komandan Pusdiklatpassus Kopassus Brigjen TNI Thevi Angandowa Zebua.

Thevi merupakan lulusan Akademi Militer 1993 dari kecabangan infanteri (Kopassus). Kariernya banyak berkutat di Korps Baret Merah ini.

Thevi antara lain pernah memimpin unit elite Satuan 81 Kopassus pada 2015-2016. Setelah itu dia dipromosikan sebagai Asops Kasdam VII/Wirabuana (2016-2017) serta Danrindam XVII/Cenderawasih (2017-2018).

Thevi kemudian kembali ke Cijantung, Jakarta dengan menjabat Pamen Ahli Danjen Kopassus Bidang Taktik Khusus Gultor. Prajurit kelahiran Jambi ini selanjutnya menjabat Danpusdiklatpassus Kopassus pada 2020 yang merupakan promosi bintang baginya.

Selain Thevi, perwira yang juga pecah bintang antara lain Danrem 152/Babullah (Ternate) Kodam XVI/Ptm Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan, Kasdivif 3 Kostrad Brigjen TNI Refrizal, dan Inspektur Akmil Brigjen TNI Rifky Nawawi.

Rangkaian acara dimulai dengan pemutaran video profil pejabat yang melakukan sertijab dan laporan korps kenaikan pangkat di Videotron Mabesad. Setelah itu dilanjutkan prosesi acara sertijab, termasuk penandatanganan berita acara sertijab oleh KSAD disambung penandatangan berita acara sertijab Persit Kartika Chandra Kirana (KCK).

Hadir dalam upacara ini antara lain wakil KSAD, Pangkostrad, Irjenad, Koorsahli dan para Asisten KSAD, serta Kadispenad.

Editor : Zen Teguh