Napi WN China 8 Bulan Bikin Lubang untuk Kabur dari Lapas Tangerang

Antara ยท Jumat, 02 Oktober 2020 - 00:33 WIB
Napi WN China 8 Bulan Bikin Lubang untuk Kabur dari Lapas Tangerang

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Narapidana kasus narkoba Cai Changpan alias Cai Ji Fan membuat lubang selama delapan bulan untuk kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tangerang. Sebelum kabur, dia juga mengajak teman satu selnya.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, hal ini diketahui setelah polisi melakukan pemeriksaan teman satu sel Cai Ji Fan.

"Dia (teman satu sel) tak mau terlibat dalam hal ini dan tak mau ikut. Apa dia tahu? Ya dia tahu, makanya dia sampaikan delapan bulan dia lubangi itu bahkan handphonenya temannya dibawa," kata Yusri, Kamis (1/10/2020).

Yusri menambahkan, rekan satu sel Cai mengaku tak mau terlibat dengan apa yang dilakukan oleh Cai dan sangat kooperatif dengan menjawab semua yang ditanyakan polisi kepadanya.

Saat ini, kata Yusri, kepolisian terus melakukan pengejaran kepada terpidana mati asal Tiongkok Cai Changpan yang diduga berupaya menghilangkan jejak dengan bersembunyi ke dalam Hutan Tenjo di Bogor, Jawa Barat.

"Penyidik menduga kuat Cai Changpan bersembunyi di sekitar daerah Tenjo, karena lokasi tersebut tidak jauh dari rumah istrinya," kata dia.

Narapidana kasus narkoba Cai Changpan diketahui kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang pada Senin (14/9/2020) dengan cara menggali terowongan hingga keluar Lapas.

Hasil penyelidikan awal diketahui jika Cai Changpan sudah merencanakan pelariannya dengan menggali terowongan sejak enam bulan lalu. Cai diduga mendapatkan alat-alat untuk menggali terowongan dari proyek pembangunan dapur yang sedang berlangsung di dalam Lapas Tangerang.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto