Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Pria Tiba-Tiba Tusuk Pemuda di Bekasi Pakai Obeng, Langsung Diamuk Massa
Advertisement . Scroll to see content

Oknum Petugas Diduga Usir Penumpang Ibu Hamil dan Balita yang Tengah Istirahat di Stasiun Cikarang, Ini Kata PT KAI Daop 1 

Rabu, 05 November 2025 - 01:27:00 WIB
Oknum Petugas Diduga Usir Penumpang Ibu Hamil dan Balita yang Tengah Istirahat di Stasiun Cikarang, Ini Kata PT KAI Daop 1 
Oknum Petugas Diduga Usir Penumpang Ibu Hamil dan Balita yang Tengah Istirahat di Stasiun Cikarang, Ini Kata PT KAI Daop 1 
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta angkat bicara soal viralnya insiden penumpang yang diminta keluar dari area Stasiun Cikarang, Kabupaten Bekasi, pada Rabu (29/10/2025) dini hari.  Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan penelusuran dan koordinasi internal untuk memastikan kronologi peristiwa tersebut.

Menurutnya, KAI menyesalkan tindakan petugas keamanan yang dinilai kurang berempati terhadap penumpang, terlebih jika penumpang tersebut merupakan kelompok rentan seperti lansia, ibu hamil, dan anak-anak.

“Kami memastikan seluruh penumpang yang memiliki tiket resmi berhak mendapatkan pelayanan yang layak. Apabila ada tindakan petugas di lapangan yang tidak sesuai prosedur, KAI akan melakukan pembinaan dan evaluasi agar hal serupa tidak terulang kembali,” tegas Ixfan kepada wartawan, Selasa (4/11/2025).

Lebih lanjut, Ixfan menjelaskan bahwa sterilisasi area stasiun di luar jam operasional merupakan bagian dari prosedur keamanan dan kebersihan stasiun. Namun, penerapan aturan tersebut tidak boleh kaku dan tetap harus mengedepankan sisi kemanusiaan, terutama bagi penumpang yang masih menunggu waktu keberangkatan kereta.


“Petugas di lapangan kami ingatkan untuk selalu mengutamakan sikap humanis, tanggap, dan empati. Lansia, ibu hamil, dan anak-anak justru menjadi prioritas pelayanan, bukan sebaliknya,” tambahnya.

Sebagai langkah tindak lanjut, KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan evaluasi internal dan pembinaan terhadap petugas keamanan yang bertugas pada malam tersebut. Selain itu, perusahaan juga akan menyesuaikan SOP sterilisasi area stasiun agar lebih fleksibel terhadap kondisi penumpang.

Memberikan pelatihan ulang bagi petugas keamanan dan pelayanan pelanggan tentang pendekatan humanis dalam melayani masyarakat. “Kami juga menyiagakan petugas untuk memantau situasi penumpang pada jam nonoperasional agar tetap mendapatkan kenyamanan selama berada di area stasiun,” tutup Ixfan.

Editor: Komaruddin Bagja

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut