Pemkab Bekasi Wacanakan Bangun Museum KH Noer Ali

Abdullah M Surjaya ยท Rabu, 11 November 2020 - 17:19:00 WIB
Pemkab Bekasi Wacanakan Bangun Museum KH Noer Ali
Ilustrasi Museum (Foto: Antara)

BEKASI, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi akan membangun museum sejarah pahlawan nasional KH Noer Ali di area Pondok Pesantren At-Taqwa Putri, Desa Ujung Harapan, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Rencana itu bersamaan dengan peringatan hari pahlawan yang jatuh pada Selasa (10/11/2020).

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan, rencana pembangunan Museum KH Noer Ali saat ini dalam tahap pengkajian dan sedang dikonsultasikan dengan keluarga.

”Kita ingin membangun sebuah museum tentang KH Noer Ali. Sedang kita kaji dan sedang dikonsultasikan dengan pihak keluarga,” katanya, Rabu (11/11/2020).

Menurut Eka, pemerintah daerah berharap keberadaan Museum KH Noer Ali nantinya bisa memberikan banyak informasi kepada masyarakat Kabupaten Bekasi bagaimana kiprah dan perjuangan sosok ulama pejuang yang dijuluki Singa Karawang-Bekasi itu. Apalagi, sosok KH Noer Ali adalah pahlawan bagi masyarakat Bekasi.

Eka menjelaskan, Bekasi punya catatan sejarah yang membanggakan. Dari heroisme KH Noer Ali, sastrawan Chairil Anwar terinspirasi membuat karya puisi yang melegenda hingga kini.

Daerah Karawang-Bekasi jadi meninggalkan riwayat suatu wilayah yang terletak di Jawa Barat itu pernah lahir seorang ulama dan pejuang kemerdekaan yang ditakuti penjajah.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2