Pemkot Bogor Bentuk Kelompok Relawan Penyintas Covid-19, Tugasnya Mengedukasi

Okezone, Putra Ramadhani Astyawan ยท Minggu, 27 September 2020 - 08:56 WIB
Pemkot Bogor Bentuk Kelompok Relawan Penyintas Covid-19, Tugasnya Mengedukasi

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. (Foto: Antara)

BOGOR, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat membentuk kelompok relawan Teman Covid (Temanco). Relawan ini terdiri dari para penyintas yang berhasil sembuh dari covid-19.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengatakan ada sejumlah tugas yang akan dijalankan Temanco. Pertama terus memberi semangat dan motivasi kepada pasien positif covid-19 yang masih dalam perawatan serta memberi edukasi kepada masyarakat tentang virus ini.

"Sesama alumni covid-19 bisa saling berbagi pengalaman, karena setiap orang pasti mengalami gejala yang berbeda-beda," ucapnya di Bogor, Sabtu (26/9/2020).

Bima memberi semangat kepada relawan Temanco untuk berkontribusi dalam menyelamatkan masyarakat dari covid-19. Dia menegaskan kesembuhan dari covid-19 menjadi keberkahan tersendiri yang bisa dibagikan kepada orang lain dalam bentuk semangat dan peringatan.

Sementara itu Inisiator Temanco, Ara Wiraswara mengatakan semangat kelompok relawan ini dibentuk untuk menyebarkan pesan virus ini bisa dilawan dan disembuhkan. Hal itu terutama akan disampaikan kepada pasien positif covid-19 yang masih dirawat.

Ara mengatakan fokus utama Temanco saat ini yaitu mendampingkan satu pasien positif covid-19 dengan satu penyintas dari segi psikologis. Para penyintas diharap bisa berbagi pengalaman menghadapi covid-19.

"Ada dua pesan yang akan disampaikan Temanco. Pertama, virus itu memang ada dan survivor itu bukti covid-19 itu ada. Kedua, ketika ada tetangga yang terkena bukan menjauh, tetapi mendukung tetangga tersebut untuk bisa segera sembuh," ucap Ara.

Sejauh Temanco sudah mendampingi 25 keluarga, 68 jiwa, 15 kelurahan, dan 9 kecamatan, termasuk 3 kecamatan di luar Kota Bogor sejak launching September 2020. Pendampingan yang diberikan mulai daripsikologis, pendampingan ekonomi hingga pengantaran tes swab dengan mobil Temanco.

"Terima kasih kepada relawan survivor dengan hati tulusnya untuk ambil bagian dalam gerakan ini, sehingga bisa membantu mengurangi tingkat stres penderita dan mengkampanyekan agar masyarakat lebih aware terhadap virus ini," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama