Pemkot Jaktim Sita 5 Kera dari Pelaku Usaha Topeng Monyet di Jatinegara

Antara ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 11:37 WIB
Pemkot Jaktim Sita 5 Kera dari Pelaku Usaha Topeng Monyet di Jatinegara

Seekor kera yang diamankan dalam razia pelaku usaha topeng monyet di Jatinegara, Senin (3/8/2020) malam. (Foto: Instagram JAAN)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur yang terdiri dari Satpol PP dan Pekerja Prasarana Sarana Umum (PPSU) serta warga melakukan razia terhadap pelaku usaha topeng monyet di kawasan Jatinegara, Kecamatan Cakung. Razia dilakukan sebagai tindak lanjut aduan masyarakat terkait dugaan pemukulan hewan di wilayah tersebut melalui media sosial.

Camat Cakung Ahmad Salahuddin mengatakan razia dilaksanakan pada Senin (3/8/2020) malam. Kegiatan tersebut dibantu personel Kementerian Kehutanan dan Jakarta Animal Aid Network (JAAN).

"Aduan tersebut kami tindak lanjuti dengan razia di RT 05 RW 14 Jatinegara," kata Ahmad di Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Dari kegiatan itu Pemkot Jaktim mengamankan lima ekor kera dan dua kotak peralatan topeng monyet. Ahmad menjelaskan lima kera itu akan dibawa ke pusat rehabilitasi.

"Sebanyak tiga ekor dibawa ke Pusat Informasi dan Edukasi Konflik Satwa Liar serta dua ekor lainnya dibawa oleh JAAN untuk direhabilitasi," ujarnya.

Video penyiksaan hewan yang diduga berlokasi di Pulo Jahe, Jaktim diunggah oleh akun resmi Instagram @jakartaanimalaidnetwork. Dalam video tersebut menampilkan seekor kera mengalami pemukulan.

Editor : Rizal Bomantama