Pemprov DKI Jakarta Anggarkan Rp1 Triliun untuk Normalisasi Sungai

Antara · Kamis, 25 Februari 2021 - 03:43:00 WIB
Pemprov DKI Jakarta Anggarkan Rp1 Triliun untuk Normalisasi Sungai
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Rp1 triliun dianggarkan Pemprov DKI Jakarta untuk normalisasi sungai di tahun 2021. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pemprov DKI Jakarta menganggarkan Rp1,5 triliun untuk penanganan banjir di tahun 2021. Sebanyak Rp1 triliun di antaranya akan digunakan untuk pembebasan lahan di bantaran atau normalisasi daerah aliran sungai (DAS).

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut program pembebasan lahan untuk keperluan normalisasi sungai selalu dilaksanakan setiap tahun untuk menangani banjir di ibu kota.

"Itu menjadi program yang memang terus dikerjakan setiap tahun. Anggaran setiap tahun ada pembebasan lahan. Kemarin ada, tahun ini ada. Tahun ini tidak kurang dari Rp1 triliun. Terus kita lakukan," kata Riza di Jakarta, Rabu (24/2/2021).

Untuk wilayah Jakarta, Pemprov menugaskan Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk mengeksekusi pembebasan lahan pada titik-titik tempat yang memberikan kontribusi terbesar pada pengendalian banjir.

"Diatur nanti ada prioritas. Setiap tahun dilakukan bahkan gubernur selanjutnya, pemimpin selanjutnya harus melakukan pembebasan tanah tersebut," katanya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2