Pemprov DKI Jakarta Sebut Pengguna SIKM Wajib Lampirkan Hasil Negatif Swab Antigen

Carlos Roy Fajarta · Rabu, 05 Mei 2021 - 12:04:00 WIB
Pemprov DKI Jakarta Sebut Pengguna SIKM Wajib Lampirkan Hasil Negatif Swab Antigen
Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menegaskan pengguna SIKM wajib melampirkan dokumen hasil negatif tes swab antigen. (Foto: MNC Portal Indonesia/Muhammad Refi Sandi)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria turut hadir dalam apel gelar pasukan Operasi Ketupat Jaya 2021 di Mapolda Metro Jaya pada Rabu (5/5/2021). Apel dilakukan sebagai persiapan jelang larangan mudik yang berlaku 6-17 Mei 2021.

Usai apel, Riza menjelaskan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) diterapkan bagi masyarakat yang ingin bepergian baik masuk maupun keluar Jakarta selama larangan mudik berlangsung. Pemegang SIKM wajib melampirkan dokumen hasil negatif swab antigen Covid-19.

"Pengecualian (pengguna SIKM) itupun harus diikuti dengan dokumen negatif Rapid Test Antigen. Dan kami semua juga akan membagikan masker serta pelaksanaan Rapid Test Antigen secara random selama pelarangan mudik (6-17 Mei 2021)," ujar Riza.

Politikus Partai Gerindra ini pun menjelaskan kriteria masyarakat yang bisa menggunakan SIKM. Antara lain untuk keperluan pekerjaan, kepentingan persalinan, dan lain sebagainya.

"SIKM sudah dikeluarkan kami harap bisa diberikan kepada orang tertentu saja karena keperluan pekerjaan yang penting yang esensial. Kemudian kedua karena hamil, kegiatan persalinan atau ada yang meninggal. Yang lain-lain tidak diperkenankan," ucapnya.

Selain itu, dia mengimbau agar masyarakat setelah melaksanakan salat Idul Fitri dapat bersilahturahmi dan halal bihalal secara online dengan menggunakan teknologi video call di smartphone maupun media sosial.

"Pelaksanaan (silahturahmi dan halal bihalal) hari raya (Idul Fitri) dapat dilaksanakan dengan online, melalui video call, medsos, dan lain sebagainya," katanya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2