Pemprov DKI Raih Opini WTP, Anies: Rasanya seperti Berkah Ramadan

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 28 Mei 2018 - 13:30 WIB
Pemprov DKI Raih Opini WTP, Anies: Rasanya seperti Berkah Ramadan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama anggota V Badan Pemeriksa Keuangan Isma Yatun di DPRD DKI. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA,iNews.id – Pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah (LPKD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah selesai. Hasilnya, BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap LPKD Pemprov DKI Tahun Anggaran (TA) 2017.

Hasil ini cukup spesial mengingat Pemprov DKI sudah lama tidak mendapat predikat Opini WTP. Terakhir, pemprov meraih Opini WTP pada laporan keuangan 2013 atau TA 2012.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut suka cita atas capaian tersebut. Anies menyebut, predikat WTP untuk laporan keuangan Pemprov DKI 2017 merupakan berkah bulan Ramadan yang harus disyukuri.

“Ini rasanya seperti betul-betul berkah ramadan. Ramadan tahun ini terasa membawa berkah bagi Pemprov DKI Jakarta,” kata Anies di Gedung DPRD Jakarta, Kebon Sirih, Senin (28/5/2018).

Menurut Anies, raihan ini merupakan buah hasil dari kerja keras seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang kerap menggelar rapat koordinasi bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

“Tiap minggu task force yang dipimpin langsung oleh Pak Wagub. Itu rapat monitoring atas semua action plan pertemuan dengan BPK itu rutin dan mereka bekerja siang malam dalam artian sesungguhnya. Hari Kamis pagi saya berdua bicara dengan Pak Wagub kita mereview ada 1700 item, pada waktu itu yang masih harus ditindaklanjuti direview,” ujar Anies.

Pemprov DKI juga bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mencapai predikat WTP.

“Kami jadikan hikmah dari capaian WTP ini begitu ada kemauan maka ada jalan. Begitu ada kemauan ada kerja keras, maka bisa dicapai. Jadi bimbingan dari BPK sangat instrumental, kerja sama dengan BPKP sangat instrumental,” tutur Anies.

Gubernur berjanji, capaian tersebut tidak berhenti tahun ini. Pemprov akan segera memperbaiki hal-hal yang masih menjadi sorotan BPK. Seperti penataan aset negara.

“Saya sampaikan tadi, ini bukan akhir. Ini awal baru untuk pengelolaan tata keuangan yang lebih baik di Pemprov DKI Jakarta. Insyaallah ke depan kita akan  tingkatkan semua yang masih jadi catatan,” ujarnya.

Editor : Khoiril Tri Hatnanto