Pencuri Motor Babak Belur Diamuk Massa di Bekasi, Bermodal Pistol Mainan

Antara ยท Minggu, 11 Agustus 2019 - 15:37 WIB
Pencuri Motor Babak Belur Diamuk Massa di Bekasi, Bermodal Pistol Mainan

Ilustrasi pencurian motor. (Foto: Sindo)

CIKARANG, iNews.id - Bermodal pistol mainan, seorang bandit jalanan nekat mencuri sepeda motor di Kantor Puskesmas Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar). Buntutnya, pelaku babak belur diamuk massa.

Kanit Reskrim Polsek Cikarang Selatan, Iptu Jefri mengatakan, pelaku yang kerap menakut-nakuti korbannya dengan menggunakan pistol mainan itu belum berhasil mengamankan barang curiannya.

"Belum sempat menikmati hasil kejahatannya, pelaku justru babak belur dikeroyok massa," katanya di Cikarang, Bekasi, Minggu (11/8/2019).

Pelaku ER (22), merupakan warga Kampung Bojong Karya, Kecamatan Rengas Dengklok, Kabupaten Karawang. Saat ini pelaku sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibitung, Kabupaten Bekasi.

"Kasus pencurian dengan pemberatan ini tengah kami tangani," ujar Jefri.

Berdasarkan informasi yang dihimpun petugas, peristiwa bermula ketika seorang pegawai Puskesmas, MA (53) memarkirkan sepeda motornya di halaman parkir Puskesmas Cibatu.

Tak lama berselang, rekan MA, yakni JS (33) dan WI (20) melihat sepeda motor MA dibawa kabur pelaku. Keduanya lalu berteriak sehingga memicu warga yang mendengar bergegas mengejarnya.

Oleh warga, sepeda motor yang dicuri pelaku berhasil dipepet dan pelaku berhasil dipaksa menyerah. Di saat bersamaan warga lain berdatangan lalu mengeroyok pelaku hingga babak belur sebelum akhirnya diserahkan kepada pihak Kepolisian.

"Tersangka ER sempat menakuti warga dengan pistol mainan," kata Jefri.

Menurut dia, tersangka ER beraksi bersama rekannya, yakni WA yang saat aksi diketahui warga berhasil meloloskan diri dari amukan warga. Kawanan ini mengincar sepeda motor yang terparkir di tempat-tempat yang tidak dijaga atau tanpa petugas parkir seperti halnya di Puskesmas Cibatu.

"Rekannya WA masuk buronan kami, keberadaannya sedang kami cari," ujar Jefri.

Jefri menuturkan, saat melintas di lokasi kejadian mereka melihat sepeda motor korban yang saat itu terparkir di luar gedung dan tidak ada petugas parkir.

ER yang dibonceng menggunakan sepeda motor oleh WA langsung turun dan menghampiri sepeda motor korban. Modusnya merusak secara paksa kunci kontak sepeda motor korban dengan kunci letter T.

Barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu unit sepeda motor jenis Honda Beat bernomor polisi B 4855 FRR dan STNK, satu buah gagang kunci dan anak kunci Letter T serta satu pucuk senjata api mainan.

"Dugaan kami kawanan ini sudah beraksi beberapa kali di Bekasi dan saat terdesak tersangka kerap menodongkan pistol mainan," kata Jefri.


Editor : Djibril Muhammad