Penemuan Mayat ABK di Freezer, Polisi: Sempat Pesta Miras Oplosan di Tengah Laut

Ari Sandita Murti, Sindonews ยท Jumat, 18 September 2020 - 11:34 WIB
Penemuan Mayat ABK di Freezer, Polisi: Sempat Pesta Miras Oplosan di Tengah Laut

Petugas mengevakuasi lima mayat ABK yang disimpan di freezer KM Starindo Jaya Maju IV. (Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing)

JAKARTA, iNews.id - Polda Metro Jaya masih menunggu hasil autopsi lima mayat anak buah kapal (ABK) yang ditemukan di dalam freezer KM Starindo Jaya Maju IV untuk menantikan penyebab kematian. Polisi pun menjelaskan kronologi penemuan lima mayat ABK itu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan penemuan itu berawal saat petugas patroli berpapasan dengan kapal itu di perairan Kepulauan Seribu. Petugas kemudian menyosialisasikan penggunaan masker kepada awak kapal.

Namun polisi curiga hanya ada 38 awak kapal, sementara di manifest ada 43 orang. Setelah diselidiki ternyata lima ABK telah meninggal dan disimpan di dalam freezer.

"Hasil pemeriksaan saksi diketahui dua minggu sebelumnya yakni tanggal 3 September 2020 awak kapal memutuskan kembali setelah dua bulan mencari ikan. Saat itu mereka sempat melakukan pesta minuman keras (miras) oplosan di tengah laut dan lima korban meninggal dunia," ucap Yusri di Jakarta, Jumat (18/9/2020).

Jenazah lima ABK kemudian disimpan di dalam freezer untuk menghindari pembusukan. Sejumlah saksi dari awak kapal yang masih hidup mengatakan hal itu dilakukan karena jarak menuju daratan Jakarta memakan waktu dua minggu.

Dalam kasus ini polisi telah memeriksa enam saksi. Salah satunya nahkoda kapal.

"Ada luka atau tidak kami masih menunggu hasil autopsi," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama