Pengungsi Kebakaran Tanjung Priok Reaktif Rapid Test Covid-19

Sindonews, Yohannes Tobing ยท Kamis, 04 Juni 2020 - 04:00 WIB
Pengungsi Kebakaran Tanjung Priok Reaktif Rapid Test Covid-19

Ilustrasi tes Covid-19. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Satu pengungsi korban kebakaran di Jalan RE Martadinata Gang Pelita 3 RT 03 RW 15, Tanjung Priok, Jakarta Utara dinyatakan rektif covid-19 setelah menjalani rapid test. Yang bersangkutan merupakan asisten rumah tangga yang bekerja untuk warga negara India.

Lurah Tanjung Priok, Ma'mun mengatakan perempuan berusia 46 tahun itu dinyatakan reaktif covid-19 sebelum terjadinya kebakaran. Dia dinyatakan reaktif setelah menjalani rapid test di Rumah Sakit Hermina.

"Yang bersangkutan diminta menjalani rapid test oleh majikannya yang merupakan orang India dengan hasil reaktif covid-19. Kemudian dia diminta melapor ke puskesmas setempat, tapi belum sempat melapor malah kebakaran," kata Ma'mun di Jakarta, Rabu (3/6/2020).

Ma'mun mengatakan informasi tersebut diketahui setelah petugas puskesmas setempat melakukan wawancara pengungsi untuk mengetahui kondisi kesehatan. Warga yang mengaku reaktif covid-19 itu pun diarahkan ke Kantor Kelurahan Warakas untuk menjalani tes swab.

Selanjutnya Kelurahan Tanjung Priok merujuk perempuan tersebut ke Rumah Sakit Koja, Jakarta Utara untuk dirawat selagi menunggu hasil tes swab keluar. Apalagi yang bersangkutan memiliki riwayat penyakit komorbid yaitu hipertensi.

Selain itu petugas mengevakuasi 11 anggota keluarga perempuan itu agar tidak bercampur dengan pengungsi lain. Mereka dalam waktu dekat akan diminta melakukan rapid test.

"Sebanyak 11 anggota keluarganya ditempatkan di aula Gereja HKBP dan tidak bercampur dengan pengungsi lain. Mereka dijadwalkan segera melakukan rapid test," ucap Ma'mun.

Kebakaran di Tanjung Priok itu terjadi pada Selasa (2/6/2020) malam. Sebanyak 13 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Editor : Rizal Bomantama